Kakanwil Harun Sulianto Sambangi Bupati Belitung Timur, Ada Apa?

  • Bagikan
Kanwil Babel Harun Sulianto Menerima Cendramata dari Bupati Belitung Timur, Burhanudin

BABEL, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Harun Sulianto didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini, dan Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin sambangi Rumah Dinas Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Jumat (27/1).

Kakanwil Harun Sulianto dan rombongan mengucapkan ulang tahun yang ke 20 bagi Pemkab Belitung Timur yang jatuh pada tanggal 27 januari 2023.

Kakanwil Harun Sulianto menyampaikan terima kasih atas sinergi yang baik selama ini terkait pelayanan hukum dan HAM di wilayah Belitung Timur. Kabupaten Beltim selama 6 tahun berurut-turut meraih predikat kabupaten Kota Peduli HAM dari Menkumham RI.

Kemudian selama tahun 2022 di Kabupaten Beltim telah tersusun 2 Naskah Akademik Ranperda. Selanjutnya telah diharmonisasi sebanyak 4 Raperda serta 11 Raperbup.

“Kami juga mohon dukungan Pemkab Belitung Timur terkait program unggulan Ditjen Kekayaan Intelektual one Village one Brand 2023," kata Harun.

Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini mengatakan, bahwa pada tahun ini akan diresmikan 5 Desa Sadar Hukum Binaan di Beltim, yaitu Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung, Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Desa Suka Mandi Kecamatan Damar, Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit, dan Desa Aik Madu Kecamatan Simpang Renggiang.

Selain itu, Eva Gantini menyampaikan saat ini sudah ada berbagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Belitung Timur yang dicatatkan, diantaranya 26 Ekspresi Budaya Tradisional, 16 Pengetahuan Nasional, 3 Sumber Daya Genetik, serta 1 Potensi Indikasi Geografis.

Bupati Beltim, Burhanuddin menyampaikan terima kasih atas kunjungan kakanwil Harun Sulianto dan rombongan. Ia akan mendorong pendaftaran merek bagi UMKM di Beltim agar ada perlindungan hukum.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM, Adi Riyanto, Kepala Bidang HAM, Suherman, beserta jajaran.

Sementara dari jajaran Belitung Timur dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Perdagangan, Harli Agusta, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Koperasi UMKM, Abdul Rohim, perwakilan dari Dinas Pertanian, Asbullah. (*)

  • Bagikan