Dilaksanakan di Takalar, Peserta Workshop Tingkat SMA/SMK se Sulsel Dibebani Uang Makan

  • Bagikan
Workshop ketua Osis dan siswa berprestasi se Sulsel digelar di Takalar.

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan workshop kewirausahaan dan orientasi membangun mindset enterpreneurship bagi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) dan siswa berprestasi tingkat SMA dan SMK Negeri dan swasta se-Sulsel.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 63 Kabupaten Takalar itu digelar di Gedung Islamic Center, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Jumat 10 Februari 2023.

Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Setiawan Aswad yang juga merupakan Penjabat (Pj) Bupati Takalar.

Selain dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, dan sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel lainnya, kegiatan tersebut juga dihadiri mantan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

Namun ironinya, kegiatan yang melibatkan ratusan peserta siswa tersebut diduga dijadikan kesempatan oleh panitia kegiatan untuk meraup keuntungan. Setiap peserta yang menghadiri kegiatan itu diduga dipunguti biaya administrasi oleh panitia senilai Rp100 ribu per siswa.

“Sebelum masuk pintu kita bayar Rp100 ribu ke panitia. Katanya uang administrasi pak. Kami diberi makan satu kali, dan snack dua kali,” kata salah seorang sumber yang enggan disebutkan namanya.

Sementara, salah seorang panitia penanggung jawab kegiatan yang dikonfirmasi mengatakan bahwa uang Rp100 ribu tersebut bukan merupakan pungutan liar, melainkan uang tersebut digunakan untuk konsumsi peserta yakni satu kali makan, dan dua kali snack.

“Memang tidak ada anggaran kegiatannya, jadi masing-masing pihak sekolahnya yang membayarkan siswanya, dan itu sudah dirapatkan dengan Kadis Pendidikan dan sudah disepakati bersama,” ujar salah seorang panitia. (Ady)

  • Bagikan