Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, JRM Bakal Gelar 4 Festival di Toraja

  • Bagikan

TATOR, RAKYATSULSEL - Setelah sukses melakukan sejumlah even dalam beberapa tahun terakhir, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) propinsi Sulawesi Selatan (Sul-Sel), John Renden Mangontan atau yang akrab disapa JRM tahun 2023 akan kembali menggelar sejumlah even, untuk mendukung pariwisata Toraja dan juga untuk pemulihan UMKM pasca pandemi covid-19. 

Menurut JRM kepada media, Sabtu, 11 Februari 2023, mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat dimana diberikan tanggungjawab untuk memikirkan bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sejumlah program.

Olehnya itu untuk terus mendukung perekonomian masyarakat terutama bagi UMKM dan generasi muda untuk berkarya maka tahun 2023 ini akan ada 4 even yang akan kembali digelar.

"Di tahun 2023 ini saya kembali menggagas beberapa even yang akan berdampak positif untuk daerah dan masyarakat, serta bagi pelaku dunia usaha serta bagi  anak-anak milineal kreatif," ketus JRM.

Dikatakan JRM bahwa keempat even tersebut yakni pertama even Festival Layang-layang tingkat nasional yang dilaksanakan pada 11 Maret 2023 di lapangan Ge'tengan kecamatan Mengkendek, Tator.

Dimana dalam even ini akan diisi dengan perlombaan kreativitas dan ketangkasan dengan tetap menonjolkan budaya Toraja yakni peserta akan diwajibkan menggunakan baju adat Toraja.

Diantaranya yakni menggunakan seppa tallubuku dan layang-layang harus menonjolkan ciri khas Toraja. Hal ini sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan dalam rangka memperingati 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT). 

Lebih lanjut dijelaskan JRM bahwa even kedua adalah perlombaan paduan suara tingkat SMA dan Perguruan Tinggi se Sul-Sel serta Pameran kerajinan ciri khas Toraja, yang akan dilaksanakan pada 3 Mei 2023.

Even ketiga adalah Festival Toraja Carnaval 2023 yang akan dilaksanakan pada 6  -  8 Juli, yang akan diisi dengan berbagai pertunjukan, dan juga akan menghadirkan artis lokal dan artis ibu kota.

Dan even keempat adalah pestival paduan suara internasional, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengajak semua orang baik di Indonesia maupun dari luar untuk menampilkan dan memperdengarkan ketangkasan bernyanyi atau olah vokal yang akan melibatkan dewan juri yang bersertifikat international.

"Even yang saya gagas ini pasti butuh pemikiran dan kerja team yang mantap untuk menyukseskan acara tersebut sehingga dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dukungan doa dari kita semua untuk mewujudkan Toraja menjadi kembali Toraja sebagai salah satu daerah tujuan wisata," kata JRM.

Dirinya berharap even tersebut bisa berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan dapat meningkatkan PAD untuk kemajuan pembangunan akan terwujud serta dapat mensejahterakan masyarakat. (*)

  • Bagikan