Gerindra Sulsel Selektif Pilih Caleg

  • Bagikan
Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) saat berbicang dengan pengurus Gerindra Sulsel. (Suryadi/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sulsel tengah membuka membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) bagi seluruh kader dan masyarakat yang ingin bertarung memperebutkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kabupaten/kota, Provinsi hingga DPR RI.

"Saat ini proses pendaftaran sedang berjalan, dan kami sangat selektif untuk ini. Syarat harus dipenuhi pendaftar adalah siap mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto jadi calon Presiden (Capres) di Pemilu 2024," ungkap Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), Jumat (10/3/2023).

Selain harus mendukung Probowo sebagai capres, lanjut AIA, para pendaftar juga harus melalui uji kelayakan.

"Sampai saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 200 persen. Masa pendaftarannya belum kami tutup karena tahapan uji kelayakan belum kami agendakan," tutur legislator DPR RI ini.

AIA melanjutkan, tahapan uji kelayakan tersebut dihadirkan agar para peserta divalidasi atau untuk memastikan bacaleg tersebut tidak terdaftar di partai lain.

"Namun persoalan ini harus melalui tahapan evaluasi dan uji kelayakan, kan ada juga masyarakat yang sudah daftar di partai lain baru ikut juga di Gerindra," beber AIA.

Dia menegaskan, Partai Gerindra tidak mau gegabah dalam menentukan caleg. Pasalnya, jumlah bacaleg di setiap daerah pemilihan (Dapil) itu berbeda-beda.

"Intinya dari seluruh dapil ini kalau berbicara kursi di seluruh dapil sudah over kuota, tinggal kami seleksi yang paling berpotensi untuk kami teruskan di Daftar Caleg Sementara (DCS) nantinya," kata AIA.

"Karena penyusunan bacaleg kali ini, pimpinan Gerindra maunya betul-betul selektif, sehingga kami tidak mau terlalu cepat menutup keran pendaftaran bacaleg ini," sambungnya.

  • Bagikan