Kaya Serat, Hempaskan Kolestrol Tinggi dengan Buah Apel

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL- Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah merupakan satu keadaan yang berbahaya bagi kesehatan. Kolestrol tinggi bisa memicu penyakit serius seperti stroke dan serangan jantung.

Bagi penderita kolestrol tinggi, biasanya akan diresepkan obat-obatan oleh dokter. Namun, kolestrol juga bisa dikurangi dengan mengatur pola makan, rajin berolahraga dan cukup istirahat.

Membahas tentang makanan, salaha-satu jenis buah yang dipercaya memiliki khasiat menurunkan kolestrol tinggi adalah buah apel.

Menurut tinjauan dr. Fadhli Rizal Makarim buah apel memiliki kandungan serat yang bisa menurunkan kolestrol dan mencegah arteri mengeras.

Selain itu, kandungan zat betaglucan berfungsi untuk mengontrol produksi kolestrol dalam darah.

Kandungan lainnya adalah pektin yang terutama berada di bagian kulitnya yaitu juga jenis serat larut air. Jenis serat ini menyerap kolestrol tinggu dan lemak jahat di usus halus dan mengeluarkannya melalui urin dan feses.

Dikutip dari halodoc dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan konsumsi dua buah apel setiap hari bisa bantu turunkan kolestrol.

Penurunan untuk kolestrol jahat (LDL) bisa mencapai 10 persen serta meningkatkan kolestrol baik (HDL) 10 persen pula.

Pektin dan polifenol dalam apel memiliki peranan untuk meningkatkan kolestrol baik. Polifenol dapat bantu turunkan oksidasi LDL yang berkontribusi mencipatakan atersklerosis.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan kandungan serat tinggi, apel akan membuat perut kenyang lebih lama. 

(FAJAR)

  • Bagikan