Indahnya Wisata Religi di Masjid Terapung BJ Habibie

  • Bagikan

  • Kubah Masjid Menyerupai Masjid Hagia Sophia di Turki-

PAREPARE, RAKSUL- Masjid Terapung BJ Habibie merupakan salah satu legacy dalam kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe SH MH.

Masjid yang dibangun di atas laut dengan 300 tiang penyangga ini nampaknya menjadi pilihan masyarakat saat melakukan wisata religi. Bukan hanya saat ramadan 1444 hijriah, namun masjid ini selalu dipadati para pengunjung yang melintas. Selain karena lokasinya berada di jalur trans Sulawesi, tepatnya di Jalan Mattirotasi, Kota Parepare, masjid megah dengan gaya khas Timur Tengah ini juga menyedot perhatian akan keindahannya.

Salah satu keindahan yang dimiliki adalah kubah masjid yang menyerupai masjid Hagia Sophia yang terdapat di Istandbul, Turki.

Saat berwisata atau mampir di masjid ini, para pengunjung akan disuguhkan dinding masjid menyerupai Hajar Hazwad dengan warna hitam khas Ka'bah.

Di sisi kiri dan kanan maajid, pun terdapat teraa yang menyajikan pemandangan laut lepaa untuk para jemaah maupun pengunjung menikmati keindahan ciptaan Yang Kuasa.

Tak hanya itu, masjid yang terasa teduh dan nyaman saat berada di dalam dan sekitarnya ini juga instagramable sehingga para pengunjung dapat mengabadikan momen saat berada di masjid yang dibangun dengan jarak lurus 90 meter dari bibir pantai.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, di area masjid yang dapat menampung 1000 jemaah ini pun terdapat taman bermain ramah anak. "Hal ini sebagai perwujudan atas komitmen dan keseriusan Bapak Wali Kota, Taufan Pawe dalam menguatkan predikat Parepare sebagai Kota Layak Anak kategori Nindya," ujar Hamka, sapaan karib mantan adc Taufan Pawe ini.

Tidak hanya sampai di situ, keindahan berwisata religi di masjid ini pun terasa lengkap akan hadirnya wisata kuliner halal yang disiapkan di pelataran masjid.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menginginkan konsep wisata religi di masjid Terapung BJ Habibie ini dapat utuh dan sempurna dengan kehadiran konsep wisata religi halal yang disiapkan di pelataran masjid berbentuk kontainer.

"Pengunjung atau musafir yang singgah beribadah di masjid ini (masjid Terapung BJ Habibie) dapat menikmati wisata kuliner halal sekaligus," harap TP, Wali Kota yang telah mencatat 238 penghargaan prestesius ini. (Adv)

  • Bagikan