Masih Sepi Pendaftar, PKS Jadi Pendaftar Pertama Bacaleg Pemilu 2024

  • Bagikan

PAREPARE, - Memasuki hari ke-8, pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare masih sepi pendaftar.

Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain mengungkapkan, bahwa pendaftaran di hari ke-8 ini, baru mendapat konfirmasi dari salah satu partai untuk menyampaikan administrasi atau pendaftaran bakal calon legislatif nya (bacaleg)

"kami baru mendapat konfirmasi dari salah satu partai, yang insya Allah hari ini, mudah-mudahan sesuai dengan penyampaian awal setelah salat zuhur, " ungkap Hasruddin.

Lanjut Hasruddin menyampaikan, sejauh ini baru satu partai politik yang menyampaikan rencana kedatangan mereka, dari 18 partai politik yang menjadi peserta Pemilu tahun 2024.

Adapun dokumen yang menjadi kriteria persyaratan, lanjutnya, yaitu syarat calon dan pencalonan yang merupakan syarat yang dikumpulkan semua bakal calon kepartai politiknya.

" Ini akan menjadi syarat pencalonan ke KPU. seperti syarat daftar yang dalam bentuk bakal calon, kemudian dokumen penyampaian yang semuanya di download atau terintegrasi dengan sistem pencalonan di fitur partai politik, kemudian akan dilampirkan syarat calonnya, "ungkapnya.

Sampai saat ini, kata dia KPU masih menunggu untuk parpol yang mendaftarkan bacaleg hingga 14 Mei 2023. KPU juga, berharap, pendaftaran bacaleg bisa segera tuntas hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Sementara Bacaleg Partai PKS Sappe menyatakan, bahwa hari ini pendaftaran serentak dilakukan oleh partai keadilan sejahtera (PKS). Namun pendaftaran tersebut belum sah diterima karena masih kurangnya kelengkapan berkas dokumen administrasi.

"kekurangan berkas sebenarnya bukan kekurangan dari bacalaeg. Tapi itu kesalahan internet atau kesalahan tekhnis dewan pimpinan pusat partai pks yang belum mengirimkan data penerimaan bakal calon anggota DPRD Parepare, " ungkap Sappe.

Untuk diketahui, PKS sendiri mendaftarkan Bacalegnya sebanyak 25 orang dari 4 Dapil.

"dapil 1, 7 orang, dapil 2, 4 orang, dapil 3,6 orang, dan dapil 4, sebanyak 8 orang. Secara target, pasti kami ingin menang di parepare dan untuk capai pimpinan kami target 4 sampai 5 kursi, "tuturnya.(Yanti)

  • Bagikan