Kapolrestabes Makassar Harap Literasi dan Pendidikan Bisa Digaungkan Lewat Rumah Singgah Balla Barakka

  • Bagikan
Saat Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhammad Ngajib mengunjungi rumah singgah 'Balla Barakka'. Foto: ISAK PASA'BUAN/RAKYATSULSEL/A.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhammad Ngajib sambangi rumah singgah yang diberi nama 'Balla Barakka'.

Rumah singgah tersebut merupakan binaan langsung Polrestabes Makassar yang saat berada di dua lokasi yakni di Kecamatan Makassar dan Tamalate.

Dalam kunjungan, lulusan Akpol 1995 itu mengatakan, rumah singgah tersebut merupakan wadah pembinaan untuk anak-anak yang tidak mengecap pendidikan formal.

"Rumah Barakka ini merupakan rumah barokah. Menyiapkan tempat baik untuk pembinaan kepada anak-anak, kemudian juga disiapkan pos yang kemudian kita bersama-sama TNI Polri serta partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate dan wilayah kecamatan Makassar," ucap Ngajib, Selasa (16/5/2023).

Dirinya juga bilang, rumah singgah tersebut sengaja ditempatkan di titik rawan terjadi tauran, sehingga hal tersebut dapat mengantisipasi anak-anak untuk tidak melakukan tauran.

"Sebelumnya ada beberapa yang terjadi tauran, dan harapan dengan adanya pos dan Balla Barakka ini diharapkan membawa berkah kepada anak-anak yang kita bina disini," ucapnya.

Di rumah singgah tersebut terdapat perpustakaan yang disediakan oleh Polrestabes Makassar. Hal itu dilakukan lantaran masih banyaknya anak-anak yang tidak sekolah.

"Tentunya tempat ini kita siapkan ada juga perpustakaan untuk memberikan pelajaran dasar untuk anak-anak disni tentunya yang tidak mengikuti pelajaran formal, atau yang putus sekolah maupun yang tidak sekolah," katanya.

Menyinggung soal literasi pendidikan, Kombes Mokhammad Ngajib merasa penting bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus.

"Ya karena yang pertama, banyak anak-anak disini ayang tidak mendapatkan pendidikan di sekolah, sehingga kita mengambil waktu dan tempat untuk mendidik mereka, supaya mereka bisa menggapai masa depan atau cita-cita yang mereka inginkan," paparnya.

"Kita berikan buku untuk mereka bisa mendapatkan pelajaran dasar pendidikan, baik pendidikan secara umum maupun keagamaan," sambung Perwira tiga melati itu.

Ia juga menyiapkan beberapa personil Satuan Samapta Polrestabes Makassar di setiap rumah singgah yang nantinya bertugas untuk membimbing anak-anak nantinya.

"Ada juga beberapa anak-anak disini yang sama sekali belum bisa membaca atau masih buta huruf, nah itulah yang termasuk untuk kita siapkan tempat ini, dan ada beberapa Polwan dari satuan samapta Polrestabes Makassar yang kita siapkan untuk memberikan pembinaan atau menjadi guru di setiap Balla Barakka," terangnya.

"Jadi anak-anak yang berada di Balla Barakka ini, mereka ini ada yang tidak sekolah dan ada juga yang nganggur, nah yang nganggur inilah yang patut kita curigai sering ikut tauran. Sehingga dengan kehadiran mereka disini apa lagi di mesjid dan akan kita siapkan makan siang setiap hari untuk mereka. Dan diharapkan setelah mereka terpenuhi perutnya diharapkan mereka akan bisa dibina, mereka bisa berubah pola pikirnya dari yang biasa mudah terprovokasi melakukan tauran sehingga disaat mereka masuk di rumah singgah Balla Barakka ini mereka bisa berbuat baik lagi dan bisa bermanfaat bagi orang lain," lanjutnya.

Mantan Kapolrestabes Palembang itu juga berencana akan membuat Balla Barakka itu di seluruh kecamatan yang ada di kota Makassar.

"Saya berencana akan membuat Balla Barakka ini di seluruh wilayah yang dinilai rawan terjadi tauran. Jadi saya akan targetkan di setiap polsek itu ada untuk Balla Barakka," kuncinya. (isak/B)

  • Bagikan