Dimulai 22 Juni, PPDB SD dan SMP di Parepare Dibagi Dua Tahapan

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), baik tingkat SD maupun SMP di Kota Parepare akan dimulai 22 Juni mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Jumiati mengungkapkan, teknis PPDB tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya.

Hal itu lantaran dilakukan dengan dua tahapan, dimulai tahap untuk jalur zonasi, lalu dilanjutkan tahap khusus jalur prestasi, afirmasi, dan mutasi.

"Kami sengaja mendahulukan jalur zonasi agar anak-anak bisa sekolah sesuai zona tempat tinggalnya masing-masing sehingga asas keadilan betul-betul diterapkan. Semua sekolah bisa merata," ujar Jumiati.

Jumiati menguraikan, pelaksanaan PPDB sendiri akan dilakukan satu pintu berbasis online seperti sebelumnya. Hanya saja perbedaannya tadi terletak pada tahapannya.

"PPDB jalur zonasi 22 sampai 24 Juni 2023 sedangkan jalur prestasi, afirmasi, dan mutasi dilakukan 26, sampai 28 Juni berbasis online," papar Jumiati.

Informasi itu diungkapkan Jumiati saat melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi online PPDB kepada operator sekolah baik tingkat SD maupun SMP.

Pendaftaran peserta didik baru dilakukan dua tahap tambah Jumiati, karena untuk mengutamakan jalur zonasi yaitu sekolah yang berada di lingkungan tempat tinggal siswa agar tidak ada lagi perbedaan pilihan penentuan sekolah yang dianggap sekolah unggulan atau tidak penerimaan dilakukan secara merata dan adil.

"Untuk kelancaran pendaftaran peserta didik, kami juga akan terus berkoodinasi dengan operator sekolah," tandasnya. (*)

  • Bagikan