Komisi V: Kita Konsiten Kawal Pembangunan di Sulsel

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Pimpin Pertemuan Pemprov Sulsel dengan Komisi V DPR RI, Kamis (15/6). (Abu/A)

"Kita mau di Kota Makassar minimal dibangung stadion berskala internasional. Tapi kemudian, dibutuhkan dukungan semua pihak terutama menyangkut kesiapan lahan. Kalau Pemprov mampu menyiapkan lahan, alhamdulillah. kita akan siap membantu," tuturnya.

"Pun dengan PSN lainnya akan tetap kami kawal secara konsisten," pungkasnya.

PJ Sekda Sulsel, Andi Darmawan Bintang menyampaikan, pemprov Sulsel saat ini memang sangat fokus terhatap pemaksimalan infrastruktur, baik itu bandara, irigasi, jalan menjadi satu kesatuan dalam komitmen.

"infrastruktur memang prioritas kita. Artinya kita bersyukur atas komitmen dan perhatian dari Komisi 5 dalam membantu Pemprov Sulsel. tadi sudah ada pembicaraan baik terkait bandara, irigasi, jalan. JAdi sebagai komitmen membantu sulsel, terutama Makassar yang dikenal sebagai daerah penghubung barat ke timur," sebutnya.

Untuk PSN secara keseluruhan lanjut Darmawan Bintang, itu telah menjadi bahan rekomendasi pemprov Sulsel untuk diusulkan pada tahun anggaran yang akan datang.

"Sebenarnya untuk 2024 kita usulkan semua yang belum selesai, termasuk bandara, bendungan.Progres Bandara yang lama terhenti kita lanjutkan. Kemudian kereta api kita harap berlanjut 2024, tapi meskipun tetap jalin komunikasi terutama lahan yang cukup besar untuk masuk pare-pare karena diatas laut. Sementara maros-makassar sudah ada jalur. tentu sisa pendekatan ke Pemkot untuk ikuti mana jalurnya karena sempat bilang naik atau di bawah," paparnya.

"Bahkan kita berharap 2024 untuk operasi kereta Api Makassar-Parepare itu sudah dapat selesai dan beroperasi," imbuhnya.

Lanjut, sekaitan dengam stadion yang saat ini menjadi sorotan semua kalangan Andi Darmawan Bintang menuturkan, tentu akan melihat segala situasi, baik itu melanjutkan pembangunan atau mengikuti saran dari peserta audiense kunjungan Komisi V DPR RI.

Ia memaparkan, untuk stadion sendiri pihak pemprov sulsel telah memiliki beberapa opsi. Pertama melanjutkan yang sudah ada dan itu sudah disampaikannya pada permintaan penambahan kapasitas.

kemudian, opsi pengoptimalkan berkaitan barombong. Meskipun ada beberapa permasalahan akan pemprov Sulsel akan sesegera menyelesaikan lahannya belum selesai.

"Ketiga ditawarkan membangun daerah tertentu. Perlu kita pikirkan pembebasan lahan. Kemudian lokasi strategis termasuk yang berkaitan amdal lingkungan dan lalu lintas," ulasnya.

"Kita akan pikirkan opsi itu, tapi saya masih optimis bahwa stadion dilokasi yang sama bisa kita lakukan. Pilihan terakhir memang mencari tempat lain membangun stadion," ujar Lelaki yang akrab disapa Wawan itu.

Gubernur Sulsel Andi Sudirma Sulaiman mengatakan, atensi dari pemprov sulsel cukup tinggi sekaitan dengan pemaksimalan segala infrastruktur yang ada di sulawesi selatan untuk semua aspek.

Kata dia, bahkan itu sudah di usulkan melalui pengusulan Bappeda Sulsel ke Bappenas. Pun dengan jalan yang kadang menjadi keluhan masyarakat.

"Semua PSN jalan Nasional, termasuk yang ke selatan, yang arah ke maros juga yang sering banyak korban juga sudah kami sampaikan, kami minta untuk pembenahan, kalau bisa ada jalur alternatif," sebutnya.

Sudirman melanjutkan, untuk pembangunan beberapa layanan publik dan infrastruktur juha termasuk kedalam pengusulan Bappeda Sulsel.

"Termasuk bendungan yang belum di fungsikan, karena belum ada saluran sekundernya, sungai kelara, ada bali ase di luwu, kemudia juga masalah bandara untuk penyelesaian bandara sultan hasanuddin, banyak, untuk kereta api sendiri itu sudah di dalam rancangan pengusulan bappeda ke bappenas," pungkasnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan