Teliti Soal Mitigasi Bencana, Kepala Balitbangda Makassar Harap Ada Solusi Banjir untuk Warga

  • Bagikan
Kepala Balitbangda Kota Makassar Andi Bukti Djufrie dan Tim Peneliti Foto Bersama Usai Paparkan Hasil Seminar Proposal Soal Mitigasi Bencana, Kamis (15/6)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar melaksanakan seminar proposal Penelitian dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat mengenai Kajian Model Partisipasi Warga Kota Makassar pada Mitigasi Bencana Alam di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Makassar, Balai Kota, Kamis (15/6).

Kepala Balitbangda Makassar Andi Bukti Djufrie mengatakan, penelitian ini membahas soal mitigasi bencana. Pasalnya, beberapa wilayah di Makassar menjadi titik rawan bencana utamanya masalah banjir. Sehingga perlu ada solusi.

"Kita harap hasil dari penelitian ini lahir sebuah solusi untuk warga terkait masalah banjir. Lewat mitigasi bencana, pemerintah bisa lebih dini ambil tindakan pencegahan," ungkap Andi Bukti Djufrie, Kamis (16/6).

Bang Yos--sapaan akrabnya menjelaskan kebencanaan juga harus ada partisipasi masyarakat. Sebab, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam penanganan bencana.

"Disinilah kita formulasikan dalam penelitian bagaimana mendorong keterlibatan warga. Tim dilapangan saat melakukan pertolongan, tidak bisa sendiri. Perlu ada masyarakat disitu," paparnya.

Setelah Seminar Proposal ini, kata mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar itu peneliti akan mempresentasikan hasil penelitiannya. Ada tim pembanding yang akan menilai sehingga penelitian lebih berkualitas.

"Sudah ini, lanjut seminar hasil. Kita bahas bersama hasil penelitian Kajian Model Partisipasi Warga Kota Makassar pada Mitigasi Bencana Alam dengan tim pembanding," ucapnya. (*)

  • Bagikan