Polres Luwu  Tanam  Pohon Mangrove Jaga Kelestarian Lingkungan Jelang HUT Bhayangkara

  • Bagikan
Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, bersama Kadis Lingkungan Hidup Luwu, Hj Enrika melakukan penanaman pohon mangrove jelang HUT Bhayangkara ke-77, Senin (19/6).

LUWU, RAKYATSULSEL - Guna menjaga keberlangsungan ekosistem dan mencegah terjadinya bencana abrasi dan gelombang pasang air laut, Polres Luwu dan jajaran Polsek bersama TNI dari Kodim 1403 Palopo melaksanakan penanaman 2000 pohon mangrove di kawasan pesisir laut Desa Karang-Karangan Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Senin (19/6/2023). 

Penanaman mangrove yang dipimpin langsung Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. ini juga dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77 dengan tema "Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju." 

Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. dalam sambutannya mengatakan pentingnya menjaga ekosistem mangrove pada sepanjang pesisir pantai wilayah Kabupaten Luwu di tengah kian maraknya pemanfaatan garis pantai untuk berbagai bidang dan sektor industri maupun ekonomi masyarakat. 

"Sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman mangrove memiliki aneka manfaat dan peran amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. Mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak dan pasang surut," ujarnya. 

Arisandi melanjutkan bahwa semoga kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan di hari- hari mendatang dan di area garis pantai lainnya sehingga dapat mendukung dan mewujudkan upaya sustainable development sekaligus eco development di wilayah Kabupaten Luwu demi kemajuan dan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid 19 sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan hidup. 

Sebelum penanaman mangrove, Kapolres Luwu didampingi Kadis Lingkungan Hidup Hj Enrika, Wakil Ketua 1 DPRD Luwu, Pabung Luwu Kodim 1403 Palopo, Wakapolres Luwu, Camat Bua, Direksi PT. BMS, Kepala Desa Karang karangan serta Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Luwu menyerahkan secara sombolis bibit pohon mangrove kepada  personil TNI / Polri yang hadir. 

Turut mendampingi dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut, yaitu para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Luwu, staf dan pengurus Bhayangkari Cabang Luwu, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda wilayah Kecamatan Bua. (Irw)

  • Bagikan