KOADS Sulsel Bersama Fakultas Psikologi UNM Tingkatkan Literasi Membaca Anak Down Syndrom

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komunitas Orangtua Anak dengan Down Syndrom (KOADS) Sulsel, bersama mahasiswa psikologi UNM Makassar mengunjungi Perpustakaan Ibu dan Anak Sulsel di Jl. Lanto Dg Pasewang, Rabu (21/06/2023).

Eka Sufartianinsih Jafar, dosen pembimbing, saat mendampingi mahasiswanya, mengatakan kegiatan ini merupakan inisiasi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian bagi mahasiswa PKP Mandiri Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam meningkatkan literasi membaca anak down syndrom.

"Kegiatan ini sebenarnya proyek kemanusiaan Kementerian yang masuk dalam program kerja mahasiswa," kata Eka yang juga dosen psikolog anak ini.

Pada kegiatan ini orang tua anak down syndrom juga dilibatkan dalam sharing session. Dimana orang tua diberikan kesempatan berdialog dan berkonsultasi terkait apa menjadi keluhan, permasalahan dan harapan-harapan orang tua anak.

"Saya disini sebagai pembimbing dan Psikolog memberikan masukan-masukan kepada orang tua mengenai bagaimana mendampingi anak down syndrom sesuai usianya," kata Eka.

Eka menambahkan dalam waktu dekat ini KOADS Sulsel juga akan membuka perpustakaan di sekretariatnya, jadi kegiatan hari ini sekalian melakukan survei dan melihat konsep yang diterapkan perpustakaan ibu dan anak SulSel.

"Ternyata perpustakaan ibu dan anak itu bukan hanya buku-buku, tetapi permainan juga penting," ucap Eka.

Dalam kunjungan tersebut, selain mahasiswa dan dosen pembimbing yang turut hadir ada juga Ketua Komunitas Orangtua Anak dengan Down Syndrom (KOADS) Sulsel, Andi Rahmatullah. (*)

  • Bagikan