Hadiri Ngaben Massal di Alam Buana, Budiman: Mari Jaga Keberagaman dan Kebersamaan Ini

  • Bagikan

"Mari kita saling mendoakan dan saling mendukung, saya titip daerah ini, kita sama-sama diatasnya, mari kita jaga keberagaman dan kebersamaan ini sehingga pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan dan kegiatan adat yang kita lakukan tetap bisa dilaksanakan dengan aman dan tertib," pesan Bupati Luwu Timur.

Sementara Kepala Desa Alam Buana, I Made Redo menjelaskan, Ngaben Massal memiliki tujuan untuk mempercepat proses kembalinya unsur Panca Maha Bhuta bagi keyakinan Agama Hindu yakni jika yang berasal dari air kembali ke air, yang dari tanah kembali ke tanah, dari udara kembali ke udara, dan dari api kembali ke api.

Kegiatan Ngaben Massal ini, kata I Made Redo, diagendakan 5 tahun sekali, dimana tujuannya untuk memperingan saudara-saudara kita yang kurang mampu supaya tidak tertinggal. Jadi semua dana dikumpul lalu dibuatlah ngaben ini biar biayanya lebih ringan.

"Adapun yang di Aben tadi untuk Desa Alam Buana sebanyak 26 jiwa yang secara simbolis dibawa ke tempat pemakaman. Dan setelah di aben nantinya akan dibawa kembali pulang abunya untuk dibikinkan simbol kembali dan akan diupacarai sesuai dengan apa yang menjadi permintaannya saat masih hidup. Terakhir akan kita bawa ke laut untuk dihanyutkan abunya dan sebagian akan dibawa kembali ke rumah masing-masing untuk ditempatkan di singgasana atau rumahnya sendiri dimana sesuai keyakinan umat Hindu ialah tempat para leluhur," tutup Kades Alam Buana. (Son)

  • Bagikan