Difasilitasi Danny, Muhammadiyah Makassar Gelar Shalat Iduladha di Anjungan Losari

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar bakal menggelar pelaksanaan Shalat Iduladha 1444 H di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Rabu 10 Dzulhijjah 1444 H atau 28 Juni 2023 mendatang. Pelaksanaan shalat Id ini difasilitasi dan didukung penuh Pemerintah Kota Makassar.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Walikota yang memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha bagi warga Muhammadiyah dan umat Islam yang melaksanakan shalat Id di hari Rabu," kata Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Azis Ilyas, usai rapat koordinasi bersama SKPD terkait, Jumat (23/6/2023).

Azis menyebut, Muhammadiyah Makassar mengapresiasi sikap Walikota Makassar Danny Pomanto memfasilitasi umat Islam yang berlebaran lebih awal dari pemerintah. Hal ini dinilai merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan suasana saling menghormati dan suasana untuk menjaga persatuan umat dan bangsa.

"Kita kita bersyukur mendapatkan pemimpin yang bisa mengayomi semua umat dan golongan," lanjut Azis.

Azis mengatakan, ini merupakan kali pertama Muhammadiyah menggelar shalat Id di Anjungan Pantai Losari. Selama ini, Muhammadiyah Makassar memusatkan pelaksanaan shalat Id di Lapangan Awwalul Islam Parangloe.

"Kita tetap buka shalat Id di Lapangan Awwalul Islam. Pelaksanaan shalat Id di Losari ini untuk mengakomodasi warga Persyarikatan dan kaum muslimin yang mau melaksanakan shalat Id di tanggal 28," ujar dia.

Azis mengungkapkan, yang akan bertindak sebagai khatib dalam pelaksanaan shalat Iduladha nanti adalah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Irwan Akib, M. Pd. dan imam Wakil Ketua Lazismu Muhammadiyah Makassar Drs. Salahuddin B.

Panitia menjadwalkan shalat Iduladha di Anjungan Pantai Losari akan dimulai pada pukul 07.00 WITA.

Ia pun mengajak warga persyarikatan Muhammadiyah dan kaum muslimin dan muslimat di Kota Makassar untuk menghadiri pelaksanaan shalat Id di Anjungan Pantai Losari.

"Mari kita ramaikan bersama. Semoga pelaksanaan shalat Iduladha perdana di Losari tahun ini membawa kebaikan bagi Kota Makassar," kata Azis.

Sementara itu, Ketua Panitia Shalat Iduladha 1444 H di Losari, Muhammad Imaduddin mengimbau para jemaah membawa peralatan shalat pribadi, membawa kantong ramah lingkungan untuk menyimpan sandal atau sepatu.

"Kita memprediksi akan ada 5.000 jemaah yang akan hadir dalam pelaksanaan shalat Id perdana di Losari nanti," katanya. (*)

  • Bagikan