Soal Kasus PDAM Makassar, Akademisi Unhas dan UINAM “Perang Opini”

  • Bagikan
Akademisi Universitas Hasanuddin Makassar, Hasrullah dan Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf

Hasrullah terkesan memaksakan pendekatan analisis wacana tanpa memperhitungkan pernyataan terbuka dan lugas Wali Kota Danny Pomanto yang menyatakan bahwa dirinya tidak terlibat sama sekali.

Tampaknya ada upaya untuk membingkai berita yang merugikan dan memproduksi berita hoaks yang ditujukan kepada Danny Pomanto secara pribadi dan sebagai Wali Kota Makassar.

Meskipun Danny Pomanto sedang sibuk mengurus rakyat dan kotanya. Analisis yang dilakukan oleh Hasrullah tidak objektif dan jauh dari ranah objektif menurut ramuan Barelson (1952).

Narasi dan diksi yang digunakan oleh Hasrullah sebagai dosen sangat tendensius, menyerang, dan menyudutkan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Seolah-olah teks-teksnya merupakan bentuk pelampiasan dendam dan amarah Hasrullah terhadap Danny Pomanto.

Dalam konteks analisis teks politik, penting untuk mencatat kegagalan Hasrullah dalam menerapkan pendekatan analisis konten yang memadai.

Analisis konten, meskipun sering digunakan dalam studi komunikasi politik, memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan nuansa dan struktur mikro dalam teks politik yang kompleks.

Salah satu kegagalan utama dalam pendekatan analisis konten yang digunakan oleh Hasrullah adalah kurangnya perhatian terhadap konteks sosial dan politik yang memengaruhi produksi dan interpretasi teks politik.

  • Bagikan