PT Semen Tonasa Resmi Menetapkan Asruddin sebagai Direktur Utama

  • Bagikan
Asruddin, SE, MM, Ak.CA - Direktur Utama PT Semen Tonasa

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Asruddin, SE, MM, Ak.CA, telah ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Semen Tonasa setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB). Keputusan untuk menunjuk Asruddin tersebut diambil dalam RUPS-LB yang berlangsung di Jakarta pada hari Senin, 3 Juli 2023, dan menjawab spekulasi sebelumnya mengenai flyer ucapan selamat yang beredar sebelum pengumuman resmi.

Beberapa flyer ucapan selamat kembali beredar di media sosial untuk Asruddin atas penunjukannya sebagai dirut perusahaan BUMN yang berlokasi di Biringere, Kabupaten Pangkep tersebut. Flyer tersebut memuat logo Kementerian BUMN, Semen Indonesia Group, dan logo Semen Tonasa.

Ardiansyah, Pjs General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, yang dihubungi pada malam hari mengakui bahwa flyer yang beredar merupakan hasil resmi dari RUPS-LB PT Semen Tonasa yang berlangsung di Jakarta pada Senin, 3 Juli.

"Benar, itu adalah hasil resmi dari RUPS yang diumumkan pada Selasa sore kemarin, 4 Juli. Asruddin ditunjuk oleh pemegang saham untuk posisi direktur utama," ujar Ardiansyah.

Ardiansyah tidak memberikan keterangan mengenai adanya perubahan dalam komposisi direksi dan komisaris lainnya. "Saya belum melihat risalah RUPS-LB, jadi belum dapat dikonfirmasi apakah ada perubahan dalam direksi lainnya," ungkapnya.

RUPS-LB ini hanya menetapkan Asruddin sebagai pengganti Mufti Arimurti yang mundur dari jabatannya pada 1 Mei 2023. Beberapa nama direksi dan komisaris saat ini masih dalam tahap pengusulan kepada Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Erick Thohir untuk diproses pada RUPS mendatang.

"Ini adalah RUPS-LB untuk menetapkan pengganti dirut yang sedang dijabat sementara oleh Pak Anis karena dirut sebelumnya mengundurkan diri. Kemungkinan ada perombakan dalam RUPS mendatang," jelas sumber tersebut.

Selain itu, menurut sumber tersebut, nama salah satu komisaris pengganti almarhum Andi Sumardi Sulaiman sedang dalam proses. Andi Sumardi Sulaiman tercatat sebagai salah satu komisaris di BUMN tersebut, namun beliau meninggal dunia pada pekan lalu.

Sebelumnya, media telah melaporkan bahwa nama Asruddin beredar di media sosial sebagai Direktur Utama PT Semen Tonasa. Namun, flyer ucapan selamat dari PT Semen Indonesia tersebut dianggap tidak dapat dipertanggungjawabkan karena bukan merupakan hasil resmi dari RUPS.

Sebelum ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Semen Tonasa, Asruddin menjabat sebagai Direktur Utama Than Long Cement yang berbasis di Vietnam. Sebelumnya, beliau juga pernah menjabat sebagai manajer keuangan di PT Semen Tonasa sekitar tahun 2012 hingga 2015.

Than Long Cement merupakan perusahaan semen terkemuka di Vietnam dengan kapasitas produksi total sebesar 2,3 juta ton per tahun. Sejak tahun 2012, perusahaan semen terbesar di Vietnam tersebut memiliki 70 persen saham yang dikuasai oleh Semen Indonesia.

  • Bagikan