ESR Buka Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf

  • Bagikan
Anggota DPR RI, ESR saat sambutan dalam kegiatan sosialisasi sertifikasi kompetensi SDM ekonomi kreatif yang digelar Kemenparekraf di Tator.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) gelar Sosialisasi sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) ekonomi kreatif, di Grand Hotel Metro Permai, kabupaten Tana Toraja (Tator), Jumat 21 Juli 2023.

Kegiatan dibuka langsung anggota DPR RI komisi X, Eva Stevany Rataba (ESR).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri wakil ketua DPRD Tana Toraja, Evivana Rombe, anggota DPRD Tator, perwakilan dinas Pariwisata dan Olaraga Tator, dan sejumlah pelaku wisata yang ada di Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara).

Mewakili Kemenparekraf, adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreative ahli muda, Yudistiro Bayu Aji dalam sambutannya menyapaikan bahwa dari data nasional tahun 2021 sumber pendapatan negara tertinggi dari ekonomin kreatif seperti kuliner, fasion, dan pariwisata, mencapai 72,4 persen yang mengalami kenaikan hingga 35 persen dari tahun sebelumnya.

"Penyumbang terbesar pendapatan di negeri ini sejak tahun 2021 datang dari ekonomi kreatif yang mencapai 72,4 persen. Dan itu mengalami kenaikan 35 persen dibanding tahun sebelumnya, untuk itu sebagai bagian dari ekonomi kreatif kita harus merasa bangga " ucap Yudistiro.

Ditambahkan Yudistiro bahwa bidang pariwisata merupakan penyumbang devisi negara yang tertinggi oleh karena itu diperlukan SDM yang memadai agar terus berkembang untuk kesejahtraan masyarakat Indonesia.

Senada, anggota DPR RI dari Fraksi Nasden, Eva Stevany Rataba atau yang akrab disapa ESR dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan penyumbang pendapat negara, dan tulang punggung masa depan bangsa dan negara, khusus bidang pariwisata merupakan penyumbang devisi negara terbanyak dari pariwisata.

"Toraja sebagai salah satu daerah tujuan wisata ini dalam pengembangan pariwisata yang memiliki krearifan lokal yang perlu dikelola oleh SDM yang memadai," kata dia.

Dirinya mengucapkan terima kasih Kemenparekraf yang hari ini bisa melakukan kegiatan di Toraja untuk mengembangkan SDM demi peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Toraja bagi peserta yang latar belakang sebagai pelaku ekonomi kreatif terutama untuk mendukung peningkatan pariwisata di Toraja.

Dirinya berharap kepada peserta agar ilmu yang didapatkan dari pemateri hari ini dapat diambil dan diterapkan di bidang usaha khususnya dibidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk peningkatan SDM pelaku wisata dapat semakin baik, agar kearifan lokal yang kita miliki dapat semakin diperkenalkan dan semakin berkembang. (Cherly).

  • Bagikan