Jadi Tuan Rumah Kirab Pemilu 2024, KPU dan Parpol Deklarasi Pemilu Damai di Makassar

  • Bagikan
omisi Pemilihan Umum (KPU) bersama 18 partai politik peserta pemilu serta sejumlah lapisan masyarakat di Makassar melakukan deklarask damai di Anjungan Losari, Kota Makassar, Kamis (20/7/2023). (Foto Suryadi)

Faridl Wajdi menilai, Makassar selalu menjadi perhatian serius dalam perhelatan kontestasi pemilu maupun pemilihan kepala daerah 2024.

Sehingga, Pemilu 2024 mendatang, diperlukan ada kerja sama dari semua pihak untuk menciptakan Pemilu berjalan aman dan damai.

"Makassar ini selalu masuk zona merah. Merah itu artinya Makassar selalu ada di zona siaga (rawan terjadi konflik)," kata Faridl.

Terutama kepada jajaran partai politik, diharapkan selalu menjaga keharmonisan baik internal maupun eksternal parpol.

"Dengan banyaknya warna yang hadir hari ini, ini memberikan kesan kepada kita semua, Insyaallah di Tahun 2024 kita akan menyelenggarakan Pemilu dengan banyak kegembiraan," tandasnya.

Dia mengaku optimis bahwa Pemilu 2024 akan berjalan sesuai yang diharapkan. Tentunya dengan semua warna yang ada di sini

"Hari ini Insya Allah kegiatan kita akan rangkaian dengan deklarasi Pemilu yang damai. Tentunya dengan semua warna yang ada di sini tahun 2024 kita akan menyelenggarakan Pilkada dengan banyak kegembiraan," tutupnya.

Sedangkan, Komisioner KPU Makassar, Endang Sari, mengatakan, peserta Kirab Pemilu dihadiri sekitar 2000 peserta. Pesertanya berasal berbagai komunitas, termasuk TNI-POLRI, dan Pemkot Makassar.

"Selanjutnya, Kirab Pemilu dilaksanakan sampai 15 Agustus 2023 mendatang. Kami menerima Bendera Kirab Pemilu dari Ketua KPU Maros Syamsu Rizal. Jadi Kirab Pemilu ini dilaksanakan sampai pertengahan Agustus mendatang dengan melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2024," kata Endang Sari.

Sebagaimana diketahui, kegiatan seremonial ini merupakan program nasional. Hal ini dilakukan untuk menyongsong satu tahun menuju peringatan pesta demokrasi yang digelar pada 14 Februari 2024.

Endang Sari berharap, pemilu serentak tahun 2024 khususnya di Kota Makassar dapat berjalan aman, damai dan tertib.

"Insya Allah, Jumat 21 Juli kita akan mulai adakan sosialisasi berbagai pendidikan pemilih. Kami akan menyasar semua lapisan masyarakat dan mengajak menyukseskan Pemilu Serentak 2024," tandasnya.

"Tentunya dengan semua warna yang ada di sini dan Insyaallah tahun 2024 kita akan menyelenggarakan Pilkada dengan banyak kegembiraan," tambahnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan