Tuai Kritikan Lewat Medsos, Menpan RB Siapkan Kuota CPNS Untuk Freshgraduate

  • Bagikan
Ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) beri kabar baik bagi yang ingin mendaftar CPNS.

Abdullah Azwar Anas mengaku banyak menerima kritikan dari para freshgraduate.

“Di satu sisi ada freshgraduate. Mereka ngeritik kami di medsos. Ini negara ini, kalau tidak, akan menjadi negara honorer. Masa kami yang baru lulus, yang siap secara digital nggak diberikan formasi, nggak direkrut,” kata Azwar Anas dalam kanal YouTube CNBC, dikutip 20 Juli 2023.

Disebutkan, atas arahan Presiden Joko Widodo, Menpan RB akan membuka pendaftaran CASN 2023 ini dengan penerimaan 80 persen kuota PPPK.

“Inilah pilihan-pilihan yang mesti kami putuskan. Maka kami putuskan atas arahan bapak presiden dan banyaknya masukan pada kami, di 2023 ini, 80 persen adalah PPPK. Salah satunya adalah memberikan afirmasi kewajiban yang sebelumnya belum ditunaikan pada pemerintah,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan, untuk THK 1, THK 2, ada yang sudah lulus belum dapat formasi dan lain-lain, ini menjadi PR sejak 2019.

“Jadi kami ini sebenarnya menyelesaikan beberapa PR yang sebelumnya belum sempat terselesaikan. Tapi Insyaallah ini akan kita selesaikan di 2023. Terakhir nanti di 2024,” jelasnya.

  • Bagikan