Mendag Minta Waspadai Dampak El Nino Terhadap Ketersediaan Pangan

  • Bagikan
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan saat menghadiri pembukaan Kongres ASEAN ke-4, tahun 2023, di Hotel Gammara, Kamis (27/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mengatakan, harga kebutuhan pangan dalam negeri saat ini masih terkendali, hanya beberapa komoditas saja yang mengalami kenaikan.

 “Di dalam negeri kita kita masih stabil harga-harga selain ayam dan telur,” ujarnya saat menghadiri pembukaan Kongres ASEAN ke-4, tahun 2023, di Hotel Gammara, Kamis (27/7).

Ia melanjutkan, rencana impor untuk bahan-bahan kebutuhan itu hanya akan dilakukan pada komoditas yang tidak mampu dipenuhi dan diproduksi di indonesia.

“Yang kita bisa (produksi, red) padi, jagung, garam itu tidak akan kita impor, kecuali untuk (kebutuhan, red) Industry kita impor. Yang kita impor seperti gandum, kan tidak bisa tanam, kedelai juga,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas TPH-Bun, Imran Jauzi mengatakan, sekaitan dengan dampak El Nino yang perlu diwanti-wanti  pada pesisir barat Sulsel yang meliputi wilayah, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Maros, dan Kota Makassar itu saat ini masih terbilang dalam kondisi yang aman sekaitan dengan ketersediaan dan produksi pangan.

“Alhamdulillah meskipun prediksi cuaca di Sulsel dengan tiga siklus wilayah musim timur barat dan transisi kita harus manfaatkan itu,” sebutnya saat diwawancara, Kamis (27/7/2023).

Kata dia, dampak El Nino untuk Sulsel belum ada dampak yang signifikan, hanya saja tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk terus melakukan pemaksimalan produksi  pangan untuk menyokong kebutuhan wilayah lain yang benar-benar terdampak El Nino.

“Peran sulsel tidak boleh hanya mengamankan dirinya sendiri tapi harus tetap menggenjot produksi untuk memenuhi dan membantu kebutuhan pangan nasional,” pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan