AMAN Gelar Peringatan HIMAS 2023 Di Torut, Ini Tujuannya

  • Bagikan
Suasana Objek wisata Kete Kesu', saat kegiatan HIMAS

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL - Kegiatan peringatan Hari International Masyarakat Adat Se-dunia (HIMAS) tahun 2023, yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dipusatkan di objek wisata Kete' Kesu' kabupaten Toraja Utara (Torut) selama 3 hari, dimulai 7 hingga 9 Agustus 2023.

Kegiatan diikuti ratusan kelompok masyarakat adat dari berbagai daerah di propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Menurut Sekjen AMAN, Rukka Sombolanggi' dalam rangka memperingati hari HIMAS 2023 maka AMAN melakukan berbagai kegitan dalam 3 hari ini, seperti hari ini (hari ke-2) yang diisi dengan kegiatan dialog generasi muda sesuai tema HIMAS, yang juga akan dirangkaikan dengan latihan membuat minuman wine dari buah-buahan lokal Toraja. Disamping itu juga akan diisi dengan beberapa hiburan serta ritual adat Toraja dari Alu'ta (agama asli nenek moyang masyarakat Toraja).

“Kemarin itu ada diskusi tentang dampak KUHP terhadap masyarakat adat dan juga kita mengajak peserta ke tempat-tempat bersejarah, seperti To’barana’ Sa’dan, Bori Kalimbuang. Kemudian hari ini, ada dialogo generasi muda sesuai tema Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia 2023” jelas Rukka, Selasa 8 Agustus 2023.

Dijelaskan pula Rukka bahwa puncak kegiatan (besok 9 Agustus) akan melibatkan 32 wilayah Adat Toraja dan puluhan utusan masyarakat adat Sulselbar.

Ditambahkan Rukka bahwa sejarah peringatan HIMAS yang mana tanggal 9 Agustus telah ditetapkan sebagai hari HIMAS oleh majelis umum PBB (Persekutuan Bangsa-Bangsa) pada 23 Desember 1994. Dan tujuan peringatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan kelompok-kelompok populasi masyarakat adat di dunia. (Cherly).

  • Bagikan