Cedera, Pendaki Gunung Bawakaraeng Dievakuasi SAR Gabungan Dari Pos 8

  • Bagikan
Seorang pendaki dievakuasi SAR gabungan dari gunung Bawakaraeng. (Foto Isak)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Basarnas Makassar bersama dengan Tim SAR gabungan mengevakuasi satu pendaki yang mengalami masalah kesehatan di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Jumat kemarin (11/08/2023).

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel mengatakan, dari informasi yang diterima Basarnas Makassar siang tadi dari Tata Jabbar seorang petugas registrasi pendaki gunung Bawakaraeng, bahwa 1 dari 4 pendaki mengalami ada yang mengalami cidera.

"Infonya ada yang mengalami cidera pada bagian paha sebelah kanan di pos 8 Gunung Bawakaraeng," ujar Mexianus Bekabel, Sabtu (12/8/2023).

Mexianus mengatakan, keempat orang pendaki ini mendaki pada Selasa (8/8/2023) lalu. Sementara itu korban cedera atas nama Meryam saat perjalanan turun menuju ke pos 8 dan sudah tidak sanggup menahan rasa sakitnya.

"Beruntung ini teman-temannya melapor ke Tata Jabbar, karena korban begitu kalau salah penanganannya akan berbahaya, karenanya kami himbau untuk para pendaki sebaiknya berhati-hati dalam melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng," sebutnya.

Dia menambahkan, proses evakuasi terhadap pendaki ini berjalan dengan lancar tanpa rintangan yang berarti, korban tiba di posko induk di Bulu Balea sekitar pukul 18.10 Wita.

"Kami, Basarnas Makassar mengucapkan banyak terima kasih kepada unsur-unsur yang terlibat dalam proses evakuasi ini, semoga tim sar gabungan selalu menjaga kekompakan dalam setiap pelaksanaan operasi sar,"ujarnya.

Jalur evakuasi yang dilalui oleh tim sar gabungan yaitu melalui rute Pos 8, Pos 7, Pos 6, Pos 5 dan berakhir di jalur evakuasi Bulu Balea. (Isak/B)

  • Bagikan