Perang Bintang di Dapil Sulsel: Menteri, Jenderal hingga Pengusaha Berebut 24 Kursi DPR RI

  • Bagikan
Ilustrasi

Di dapil Sulsel II meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros. Milsanya ada pengusaha anak Founder PT Tiran yakni Amar Ma’ruf Sulaiman yang juga CEO AAS Community maju lewat partai Geeindra, di dapil ini juga pengusaha ekspedisi juga punya kapal cargo Andi Tajerimin Nur caleg dapil Gerindra. Dapil II ini juga masih ada nama Nurdin Halid juga politisi senior dan mantan calon Gubernur lewat partai Golkar.

Sedangkan ada juga perwira dan jenderal bintang di Dapil Sulsel III, meliputi Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Sidrap, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kota Palopo. Dia Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang, Caleg DPR RI Demokrat, dan Mayjen TNI (Purn) Kasim Genawi, Caleg DPR RI Perindo. Dan maaih banyak figur lainya, caleg petahana dan pendatang berlatar belakang kepala daerah.

Kaitan peluan dan tantangan figur maju di DPR RI 2024. Pengamat Antropologi Politik Unhas Makassar, Tasrifin Tahara mentakan sejumlah kalangan yang bertarung dapil Sulsel memperrebutkan 24 kursi di Senayan akan sudah pernah bertarung dengan latar berbeda.

"Menarik tentang figur-figur caleg DPR RI di Sulawesi Selatan, hampir setiap dapil bertabur bintang. Ada figur menteri, jenderal, pengusaha hingga elit pada level lokal seperti mantan-mantan bupati/walikota," jelasnya.

Menurut akademisi Unhas itu, harus dipilah dulu taburan bintang tersebut dalam kategori petahana dan “pendatang baru” caleg. Petahana sudah memiliki pengalaman dalam kontestasi lima tahun lalu.

"Dimana dekat dengan konstituen karena berbagai program selama menjabat sebagai anggota legislatif selalu fokus dalam upaya-upaya mendekatkan diri atau dalam istilah politis ikut membangun wilayah-wilayah konstituen (dapil)," katanya.

Lanjut dia, sementara pendatang baru tidak bisa dilihat sebelah mata karena mereka bintang yang bersinar dengan posisi saat ini semisal bupati/walikota, menteri dan pengusaha yang memiliki kapital dan sangat dekat dengan konsituen.

"Menurut saya memang pertarungan para bintang ini saat ini pada pemilu legislatif nanti memerlukan kekuatan ekstra dari para caleg," saran dia.

  • Bagikan