Perang Bintang di Dapil Sulsel: Menteri, Jenderal hingga Pengusaha Berebut 24 Kursi DPR RI

  • Bagikan
Ilustrasi

Kendati demikian, dia menyarankan agar mereka yang berkompetisi agar harus berupaya dekat dengan capaian saat ini hingga tawaran pada konsituen ke depan.

"Tapi, saya yakin dengan taburan bintang ini, konsituen benar-benar sangat selektif menentukan pilihan, siapa figurnya dan apa partainya," tukasnya.

Sedangkan, Muh Asratillah selaku
Peneliti di PT. Penta Helix Indonesia menyebutkan, pada pemilu 2024 akan diikuti oleh sejumlah figur publik yanh cukup populer.

Mulai dari mantan menteri, ketua partai, mantan kepala daerah, mantan birokrat dan pejabat BUMN, hingga selegram.

"Namun di pemilu 2019 kita mendapatkan pengalaman berharga bahwa status caleg sebagai figur publik, tidak menjadi jaminan bahwa caleg bersangkutan akan mendapatkan kursi," katanya.

Selain itu, status sebagai figur publik tentu akan memberikan modal sosial baik berupa popularitas, kesukaan publik, hingga jejaring sosial yanng berpotensi direkrut sebagai relawan.

Namun, mengkonversi modal sosial menjadi perolehan suara yang mencukupi membutuhkan upaya khusus.

"Karena figur yang dikenal dan disukai tidak secara otomatis akan menjadi figur yang dipercayai pemilih untuk memberikan suaranya," jelasnya.

Ditambahkan, caleg yang berstatus figur publik mesti meyakinkan para pemilih bahwa mereka mampu berkontribusi secara konkrit bagi dapilnya, dan bisa memperjuangkan aspirasi konstituennya.

"Tentu ini mempersyaratkan teknik komunikasi politik yang tepat serta tim pemenangan yamg solid di tingkat akar rumput," tutupnya.

Berikut ini rincian bacaleg DPR RI di Sulsel beserta nomor urut dan dapilnya.....

  • Bagikan