Perang Bintang di Dapil Sulsel: Menteri, Jenderal hingga Pengusaha Berebut 24 Kursi DPR RI

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI masuk daftar calon sementara (DCS) se-Indonesia.

Dari data tersebut, sebanyak 407 orang DCS Bacaleg DPR RI Dapil I, II dan III di Sulsel. Mereka dari 18 partai politik (parpol) akan memperebutkan 24 kursi di Sulsel.

"Khusus Sulsel, terdapat tiga dapil yang tersebar di 24 kabupaten/kota, ada 407 DCS Bacaleg DPR RI 2024," singkat Anggota KPU RI Idham Holik, Senin (21/8/2023).

Ditambahkan, pengumumkan DCS bacaleg dari tanggal 19 Agustus 2023, selanjutnya masyarakat dapat menyampaikan tanggapannya.

"Jadi, tanggapanya dari tanggal 19 sampai 28 Agustus 2023," tutupnya.

Saat ini, aroma persaingan ketat tersaji di daerah pemilihan (dapil) Sulsel I, II dan III pada pemilihan legislatif 2024 mendatang menuju kursi DPR RI Senayan. Pasalnya, dapil ini diisi oleh caleg dari menteri, jenderal hingga pengusaha dan Ketua DPRD.

Daftar caleg di dapil Sulsel ini sudah ditampilkan di laman KPU RI. Nama-nama yang tertera ini adalah daftar caleg sementara (DCS) yang dipublikasikan KPU. Pemilih bisa memberikan tanggapan soal tiap caleg.

Dapil ini bertabur 'bintang'. Ada nama Menteri Pertanian asal partai NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo. Selain itu ada pengusaha sulses dan property yakni Andi Idris Manggabarani (IMB) lewat partai Gerindra. Serta mantan Direktur Utama - PT. Biringkassi Raya (Semen Tonasa) juga mantan Direktur Utama (Dirut) PT Topabiring Trans Logistik (TTL). Abdul Rahmat Noer dari partai Demokrat. Mereka caleg melalui Dapil Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar.

  • Bagikan