Unhas Kolaborasi dengan Pemkab Pangkep Gelar Peningkatan Kapabilitas Bendahara Pengeluaran

  • Bagikan
Pelatihan Peningkatan kapabilitas bendahara pengeluaran dalam penatausahaan pendapatan daerah di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Kegiatan ini dilakukan oleh para dosen dari unhas sebagai salah satu bentuk tri dharma pendidikan yaitu pengabdian. Lokasi pengabdian terletak di kompleks perkantoran pemerintah daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, karena kabupaten ini menjadi mitra Universitas Hasanuddin yang menjadi satu kesatuan dirangkaian dies natalis Universitas Hasanuddin pada program PPMU-PK-DIES NATALIS.

Pengabdian ini dilakukan agar kapabilitas dari para bendahara pengeluaran semakin baik dalam penatausahaan belanja daerah di kabupaten tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh para bendahara pengeluaran di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang terdiri dari beberapa kelurahan dan kecamatan serta dari unit-unit kerja yang lainnya.

Rahmawati, SE., M.Si., Ak., CA sebagai narasumber memberikan pemaparan terkait peningkatan kapabilitas bendahara pengeluaran dalam penatausahaan pendapatan daerah di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Rahmawati selaku pemateri menjelaskan bahwa para bendahara tidak hanya menyimpan dan mengeluarkan namun juga harus bertanggung jawab terkait aliran kas tersebut.

Menurutnya, Bendahara yang paling memahami bagaimana aliran dan bagaimana perlakuannya jadi harus memiliki integritas sehingga penatausahaan pendapatan daerah bisa lebih baik lagi di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

“Apalagi ini kampungku, jadi memang harus saya berikan yang terbaik juga dari ilmu saya,” ujar Rahmawati sambil tersenyum.

Sebanyak 30 peserta yang hadir dari berbagai instansi di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Para peserta terlihat fokus dalam menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri.

Salah satu peserta menyampaikan bahwa seharusnya tidak hanya bendahara yang hadir namun, para pejabat yang berwenang juga harus hadir dan mendengarkan materi ini karena kerja sama yang baik harus terjalin dengan baik antara bendahara dan para pejabat yang berwenang sehingga semuanya bisa bersama-sama untuk meningkatkan pendapatan daerah. (*)

  • Bagikan