Semarak HUT Sulsel ke-354 Tahun, 173 Peserta Bakal Adu Kecepatan di Lomba Balap Katinting

  • Bagikan
Perahu Katinting yang akan adu balap di Pekan Raya Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Semarak HUT Sulsel ke-354 berlangsung meriah di Lego-Lego, salah satu itemnya adalah Lomba Balap Katinting atau ketinting (perahu khas nusantara), Senin (28/8/2023).

Diketahui, Sebanyak 173 peserta akan menunjukan kemampuan siapa yang tercepat dan handal diantara mereka.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebut perlombaan ini sebagai event mempertunjukkan kreativitas nelayan.

"Itu event kreativitas bagi nelayan bagaimana mereka di laut pun ada kegiatan yang lebih kearifan lokal," ungkapnya, Senin  (28/8/2023).

"Ketinting itu perahu khas orang sini untuk jarak dekat maupun jarak jauh juga bisa," tambahnya.

Kata dia, katinting dalam event ini sudah di modifikasi. Para nelayan pun sudah terlatih mengemudikan katinting dalam kecepatan tinggi.

"Mereka rata-rata sudah modifikasi juga, cc nya jenis-jenis mesinnya, terlatih juga. Jadi meraka sudah seperti road race," jelas Andi Sudirman.

Andi Sudirman berharap  kejuaraan katinting bisa menjadi event tahunan. "Mudah-mudahan bisa jadi daya tarik tersendiri untuk menjadi kalender tahunan dan paling tidak mengajak untuk ada semacam event bagi nelayan kita," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Sulsel, Suherman menyebut ada 2 provinsi yang juga turut memeriahkan kejuaraan ini,  yakni provinsi Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. 

"Hadiah yang diperebutkan yakni uang tunai sebesar Rp40 juta untuk juara 1. Kemudian juara 2 mendapat Rp30 juta. Bagi juara 3 Rp20 juta, juara 4 Rp10 juta dan juara 5 mendapatkan 1 unit Yasuka GX 460," pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan