Jemaah Umroh PT Annur Ma’arif Berharap Berkah Monumen Cinta Jabal Rahmah

  • Bagikan
Jemaah Umroh PT Annur Ma'arif berfoto bersama dengan latar bukit Jabal Rahmah.

MAKKAH, RAKYATSULSEL - Tak afdhal rasanya jika usai melaksanakan Ibadah Umroh tak mengunjungi tempat bersejarah di Kota Makkah.

Di hari ketiga di Kota Mekkah, jemaah umroh PT Annur Ma'arif diajak mengunjungi Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Arafah, Mina, Ji'ronah, dan Jabal Nur.

Di Jabal Tsur, jemaah menyempatkan berfoto bersama. Jabal Tsur adalah sebuah bukit yang memiliki nilai sejarah dan religius yang penting dalam Islam.

Terletak di Kota Mekah, Arab Saudi, bukit ini menjadi tempat perlindungan bagi Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar ash-Shiddiq saat mereka melarikan diri dari Mekah dalam peristiwa hijrah pada tahun 622 Masehi.

Setelah itu, jemaah Umroh PT Annur Ma'arif mengunjungi Jabal Rahmah atau gunung kasih sayang menjadi monumen cinta untuk 'ngalap berkah'. Tempat tersebut dipercaya menjadi lokasi bertemunya Adam dan Hawa setelah tobat mereka diterima dan dipertemukan kembali. Buah cinta mereka melahirkan anak-anak Adam yang kini memenuhi penjuru dunia.

Di Jabal Rahmah pula, Nabi Ibrahim diuji cintanya, untuk melaksanakan ketentuan Allah mengorbankan anak lelaki yang sangat lama dirindukan kelahirannya. Di bukit itu, ia yakin bahwa mimpi yang ia alami tiga kali berturut-turut tersebut benar-benar merupakan perintah Allah SWT. Pengorbanan luar biasa inilah yang membuat leluhur para nabi ini mendapat gelar khalilullah atau kekasih Allah.

Bagi Nabi Muhammad, Jabal Rahmah menjadi tempat terakhir turunnya ayat Al-Qur’an. Ketika kembali ke Madinah, Rasulullah SAW menyampaikan turunnya Surat Al-Maidah ayat 3 yang mengabarkan bahwa Islam sudah sempurna.

Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, jemaah harus mendaki dengan menaiki bongkahan batu satu per satu. Jika badan dan fisik sehat hanya butuh waktu 5 menit saja untuk sampai ke puncak bukit.

Jemaah perempuan juga tak kalah bersemangatnya mendaki puncak bukit Jabal Rahmah. "Kapan lagi bisa ke tempat bersejarah ini," kata Rahmatia, salah satu jemaah perempuan yang berhasil mengabadikan foto bersama monumen cinta di puncak bukit Jabal Rahmah.

Selanjutnya, jemaah dengan menggunakan bus diajak melewati Arafah, Mina dan Ji'ronah. Lokasi calon jemaah haji untuk wukuf, menginap dan melempar jumrah.

Terakhir, jemaah diantar melihat bukit Jabal Nur. Di puncak Jabal Nur ini juga terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Meski tak sempat ke puncak bukit Jabal Nur, jemaah sudah merasa bersyukur bisa menyaksikan langsung salah satu tempat bersejarah Nabi Muhammad SAW. (*)

  • Bagikan