Terbaru! Penerimaan ASN Kuota Fresh Graduate akan Ditambah dan Soal Ujian CASN Direvisi

  • Bagikan
Ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Pemerintah akan menambah kuota calon ASN dari kalangan fresh graduate. Saat ini proses rekrutmen sedang difinalisasi.

Pemerintah juga mengkaji soal ujian penerimaan CASN 2023. Soal-soal yang tidak sesuai konteks pekerjaan ASN akan dihilangkan.

Sebab, pada seleksi CASN tahun-tahun sebelumnya, banyak kuota tidak terisi karena ditengarai soalnya tak sesuai konteks.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan perkembangan rekrutmen ASN 2023 masih menggodok butir-butir ujian. Sementara itu kuota untuk lulusan fresh Graduate akan terus ditambah tiap tahunnya.

"Sekarang BKN dan Kementerian PAN-RB terus mengupayakan persiapan pembukaan rekrutmen ASN 2023,’’ katanya, kemarin.

Mantan Bupati Banyuwangi, Jawa Timur itu menjelaskan salah satu persiapan yang dikebut saat ini adalah konsolidasi soal. Dia mengatakan upaya ini dilakukan hasil evaluasi rekrutmen ASN tahun lalu. Azwar mengatakan tahun lalu banyak ASN yang tidak lolos, diduga karena soalnya kurang pas.

"Contohnya saoal untuk rekrutmen di (formasi) kearsipan, (soalnya) siapa kepala ANRI tahun 1970. Kan tidak ada urusannya dengan kompetensi sekarang,’’ katanya.

  • Bagikan