Si Jago Merah Hanguskan Enam Rumah Warga dan Gudang Ikan di Barukang Utara

  • Bagikan
Personel Damkar Kota Makassar tengah berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran, Jalan Barukang Utara.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kebakaran hebat yang terjadi di Jalan Barukang Utara, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, menghanguskan sedikitnya tujuh bangun rumah, Jumat (8/9/2023).

Bangunan rumah yang dilalap si jago merah tersebut terdiri dari enam rumah semi permanen milik warga, dan satu diantaranya gudang ikan milik CV Tallasa Marine.

Kadis Damkar Kota Makassar, Hasanuddin mengatakan, saat pihaknya mendapatkan laporan akan adanya kebakaran, langsung meluncurkan 9 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi kebakaran.

"Jumlah armada yang kami turunkan ke lokasi untuk memadamkan api ada 9 unit. 6 armada dari Mako (Markas Komando), 3 armada dari Ujung, dan 1 armada Rescue. Dengan jumlah 40 personel," ujar Hasanuddin.

Hasanuddin menyebut, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 11.12 Wita, dan saat tiba di TKP atau lokasi kebakaran pihaknya langsung melalukan pemadaman dibantu warga sekitar dan api berhasil dikuasai sekitar pukul 12.50 Wita. 

Dalam proses pemadaman api, pihaknya disebut sempat terkendala dengan lorong yang sempit sehingga mobil Damkar sulit menjangkau TKP.

"Kendalanya, hanya lorong yang sempit dan jaraknya jauh dari watersuplay. Ada satu armada yang kita masukkan, bisa menyebar empat selang. Water suplainya itu dari jalan raya. Begitupun titik-titik sebelah Utara, ada beberapa titik yang kita sebar," ungkapnya. 

Dikatakan, untuk penyebab kebakaran masih sementara diselidiki pihak Kepolisian. Begitupun juga dengan kerugian materil akibat kebakaran tersebut.

"Untuk penyebabnya (kebakaran) masih menunggu hasil penyelidikan pihak Kepolisian," sebutnya.

Terakhir, Hasanuddin mengimbau kepada masyarakat Kota Makassar untuk tetap waspada dengan peristiwa kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Terlebih dampak dari El Nino yang mengakibatkan kekeringan.

"Di musim kemarau ini, apalagi kita memasuki cuaca yang sangat ekstrem, mengakibatkan dampak dari El Nino, kejadian kebakaran itu ada di mana saja. Apalagi potensinya ada. Dengan api kecil saya kira gampang untuk menjadi besar," pungkasnya. (Isak/A)

  • Bagikan