Pendaftaran Calon Komisoner KPU di Tujuh Daerah Berakhir, Pendaftar Capai 883 Orang

  • Bagikan
Timsel KPU 7 Daerah saat menggelar Konferensi Pers terkait pendaftaran calon Komisioner KPU

Adapun tahapan selanjutnya, tanggal 14-20 September penelitian administrasi atau berlas calon komisioner di tiap daerah.

"Penetapan hasil penelitian administrasi (pleno)  21 September hingga 21 September," tukasnya.

Koordinator Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Sulsel, Aflinah Mustafainah menekankan pihaknya akan mengawal ketat proses seleksi komisioner anggota KPU di 7 kabupaten/kota. Apalagi Timsel ini merupakan yang terakhir di Sulsel.

Menurutnya, OMS terus memantau tahapan pemilu dan proses-proses pemilihan calon penyelenggara. Saat ini ada 7 kabupaten/kota yang akan menghadapi proses seleksi.

"Tentunya akan berimplikasi pada aktivitas anggota/komisioner yang masih ingin mencalonkan dalam melakukan tahapan Pemilu," katanya.

Pino sapaannya menilai, apalagi selama tahapan seleksi penyelenggara Pemilu di Sulsel sebelumnya diduga banyak sekali hal yang janggal. Baik yang terjadi pada penjaringan KPU dan Bawaslu.

Sudah ada serangkaian insiden yang menyertai seleksi calon penyelenggara, baik yang dilakukan oleh Timsel.

"Juga komisioner KPU RI/Bawaslu RI dan pihak lain yang invisible dan tak diketahui publik, tapi ada pergerakannya di sejumlah KPU dan Bawaslu kabupaten/kota," ujarnya.

Dia memberi perhatian khusus terhadap kuota 30 persen perempuan dalam seleksi KPU dan Bawaslu. Menurutnya petunjuk itu belum sepenuhnya dipahami oleh sejumlah Timsel yang sudah bekerja sebelumnya.

"Misalnya ketiadaan dan keengganan Timsel memilih calon komisioner perempuan di salah satu tempat, errornya hasil ujian sehingga jadwal pengumuman mundur," tandasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan