Peringati Hari Pelindo, PT Pelindo Jasa Maritim dan Pemda Maros Tanam 2500 Pohon Buah

  • Bagikan
PT Pelindo Jasa Maritim bersama Pemerintah Kabupaten Maros menggelar aksi tanam 2500 bibit pohon buah, di Dusun Bontolempangan, Desa Purnakarya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sabtu (16/9). 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PT Pelindo Jasa Maritim bersama Pemerintah Kabupaten Maros menggelar aksi tanam 2500 bibit pohon buah. Kegiatan ini digelar di Dusun Bontolempangan, Desa Purnakarya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros pada Sabtu (16/9). 

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Iskandar dan Bupati Maros, Chaidir Syam serta Forkopimda Maros menanam pohon  durian, rambutan hingga mangga di tanam di salah satu lahan milik warga desa Purnakarya tersebut.

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi, mengatakan Aksi tanam 2500 pohon ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Hari Jadi Pelindo pada tanggal 1 Oktober 2023 mendatang. 

"Jadi program ini serentak seluruh Indonesia, jadi untuk Pelindo Jasa Maritim di gelar di Maros," kata Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi. 

Prasetya mengungkapkan aksi penanaman 2500 bibit pohon ini sebagai bentuk upaya kepedulian Pelindo terhadap lingkungan. 

Ia menyebut aksi kepedulian lingkungan saat ini harus dilakukan secara nyata. 

"Jadi Pelindo fokus terhadap aksi sosial dan kepedulian lingkungan karena di perusahaan itu ada depertemen tangung jawab sosial dam lingkungan, itu mengurusi kegiatan CSR dan lingkungan salah satunya menanam pohon," ucap Prasetya.

Prasetya menyebutkan alasan memilih Kabupaten Maros karena merupakan situs sejarah dunia yang merupakan warisan unesco atau warisan dunia.

"Cegah banjir juga kan, apalagi polusi udara saat ini mengkhawatirkan, kenapa di Maros karena salah satu geopark dunia ada di maros. Pak Bupati juga tadi menyampaikan barusan balik dari Maroko menerima penghargaan geopark," jelas Prasetya. 

Selain itu, menurutnya,  aksi tanam pohon ini juga untuk memperingati hari ozon internasional sedunia. Mengigat kondisi udara dan lingkungan mulai mengancam.

"Lapisan udara terancam beberapa daerah di Indonesia, makanya Pelindo Jasa Maritim secara Pelindo hadir peduli hal-hal ini untuk hadir dalam kegiatan tersebut," terang Prasetya. 

Sementara itu, Bupati Maros Chaidir Syam memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Pelindo. 

Ia memuji sikap dan aksi nyata Pelindo Jasa Maritim yang mau turun langsung melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan ini. 

"Terima kasih atas kepedulian Pelindo Jasa Maritim terhadap Kabupaten Maros dan mewakili Pemda dan masyarakat dengan adanya ini mampu memperkuat kolaborasi dan lebih peduli lingkungan," kata Chaidir.

Menurut Chaidir, Pelindo Jasa Maritim dan Pemda Maros harus melakukan sinergi yang kuat saat ini. Ia mendukung penuh upaya BUMN yang peduli terhadap lingkungan di Kabupaten Maros.

"Siap kolaborasi lagi dan ini di perlukan untuk program-program ke depan terkait mendukung kelestarian lingkungan," tegas Chaidir. 

Selain mengelar aksi tanam pohon, PT Pelindo Jasa Maritim juga mengelar aksi sosial bagi masyarakat Maros. Aksi sosial itu berupa pemberian bantuan langsung ke warga. (Shasa/A)

  • Bagikan