Kunjungi Bulukumba, Bupati Polman Sosialisasikan Keberadaan Pelabuhan Tanjung Silopo yang Terkoneksi ke Pelabuhan Lahad Datu Sabah Malaysia Timur

  • Bagikan
Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menyerahkan cenderamata kepada Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Bupati Polewali Mandar, Sulawesi Barat, H. Andi Ibrahim Masdar didampingi Asisten I bertandang ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

Orang nomor satu Polman ini, disambut hangat oleh Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf di Kantor Bupati Bulukumba, Senin, 18 September 2023.

Kunjungan Bupati Polman, sekaligus mensosialisasikan layanan pelayaran internasional Pelabuhan Tanjung Silopo Polman, dengan Pelabuhan Lahad Datu Sabah Malaysia Timur, bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), baik untuk kunjungan wisata, kunjungan kerja, maupun kunjungan keluarga.

"Kami kerjakan pelabuhan ini, selama enam tahun. Jadi periode pertama kami kerja, karena didorong banyaknya masyarakat kita di sana pekerja ilegal," kata Ibhrami Masdar.

"Karena masyarakat sering ditangkap di sana, makanya kami memboyong Dukcapil dan BRI untuk perekaman KTP di sana," sambungnya.

Dari situlah awalnya, pertemuan antara Pemkab Polman Sulbar dengan pemerintah Lahaddatu Kerajaan Malaysia. Keduanya membahas kerja sama untuk membantu masyarakat Sulbar berangkat dengan mempunyai dokumen.

"Kami mulai kerja enam tahun lalu. Begitu siap, langsung pandemi COVID-19, sehingga dibatalkan. Selesai pandemi, kendalanya pelabuhan lagi di Polman dan Lahaddatu," ujar Ibrahim Masdar.

Ia menerangkan bahwa setelah pelabuhan rampung dan dokumen-dokumen surat dari Kerajaan Malaysia juga sudah selesai, barulah dibangun komunikasi kembali.

"Pemilik kapal yang juga selalu setia menemani kita dan selalu setia menstandbykan kapalnya untuk selalu dipakai. Bulan lalu kapal sudah datang dan kita akan memulai pelayanan perdana pada 9 Desember 2023," kata Ibrahim Masdar.

  • Bagikan