Akademisi Unhas Minta Pj Bupati Jaga Netralitas dan Lanjutkan Program Pemerintah Pusat

  • Bagikan
Andi Lukman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, melantik empat Penjabat (Pj) Bupati dan Wali Kota di Sulsel. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur, Selasa, 26 September 2023.

Mereka yang dilantik masing-masing Asrul Sani sebagai Pj Wali Kota Palopo, Andi Islamuddin sebagai Pj Bupati Bone, Andi Abubakar sebagai Pj Bupati Bantaeng, dan TR Fahsul Falah sebagai Pj Bupati Sinjai.

Pengamat Pemerintahan dan politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Lukman Irwan menyarankan kepada Pj Bupati baru dilantik di 4 daerah agar mampu membuat terobosan untuk mempercepat implementasi program strategis yang sementara berjalan.

"Terutama di setiap perangkat daerah, khususnya terkait penyerapan anggaran pokok yang masih rendah di beberapa daerah," harapnya, Rabu (27/9/2023) kepada Rakyat Sulsel.

Akademisi Fisipol Unhas itu juga mengingatkan Pj Bupati agar dapat mempercepat implementasi program strategis nasional yang sudah diinstruksikan oleh Pemerintah pusat di daerah yang dipimpinnya.

"Yakni program pengentasan kemiskinan ekstrem, penanggulangan stunting, penanganan inflasi daerah dan percepatan digitalisasi layanan publik yang memang menjadi program sangat dibutuhkan oleh masyarakat," jelasnya.

Ia juga meminta Pj Bupati agar betul-betul bisa menjaga harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan dan menjaga prinsip netralitas ASN khususnya dalam menyambut kontestasi pemilu 2024 nantinya.

"Saya kira para Pj Bupati tetap harus mampu mengkreasi program yang sementara berjalan dengan pendekatan inovasi program yang sifatnya dapat mempercepat pencapaian output dan target kinerja yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengingatkan bahwa sumpah yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia.

"Tentu ini amanah. Saya percaya, saudara akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan," kata Bahtiar. (Suryadi/B)

  • Bagikan