Menagih Janji Manis, Pemprov Tak Anggarkan Pembangunan Stadion di APBD-P 2023

  • Bagikan
Rapat pembahasan APBD Perubahan bersama mitra OPD Dispora Sulsel, Rabu (27/9/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Harapan di tengah pudarnya kepercayaan. Kalimat ini menggambarkan bahwa janji Pemprov Sulsel untuk membangun stadion Mattoanging atau Stadion Barombong bagi PSM dan Suporter sebatas janji-janji manis.

Kini harapan suporter PSM untuk kelanjutam stadion baru yang telah dijanjikan Pemprov Sulsel dan anggota DPRD tak bisa diharapkan lagi. Pasalnya dalam Rancangan nota Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 Rp10,13 triliun lebih, tak sedikitpun disisipkan untuk pembangunan Stadion kebanggaan warga Makassar dan Sulsel yang sudah lama mangkrak.

"Di APBD-P 2023 tidak ada alokasi anggaran pembangunan Stadion. Tidak dianggarkan di dokumen," tegas Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Irfan AB usai memimpin rapat pembahasan APBD Perubahan bersama mitra OPD Dispora Sulsel, Rabu (27/9/2023).

Polotisi PAN itu mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat merasa kesal, karena sejak 2021, 2022 dan 2023 saat pembahasan rancangan APBD selalu dijanjikan pihak Pemprov untuk pembangunan Stadion. Namun, kenayataanya tak ada realisasi.

"Kita prihatian tidak dibangun Stadion ini. Tidak ada dalam anggaran usulan Pemprov, padahal untuk penunjang sepak bola kebanggan kita," tuturnya.

Dengan begitu kata dia, tak bisa juga menyalahkan Pj Gubernur saat ini jika anggaran pembangunan Stadion tak masuk di dokumen SPBD-P 2023. Pasalnya Pj Gubernur sementara melanjutkan kepemimpinan sebelumnya.

"Kita tak bisa salahkan Pj Gubernur karena masalah stadion, warisan ditinggalakn Gubernur sebelumnya. Kami dewan lihat ada strategi lain dijalankan Pj Gubernur ini," tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyiapkan anggaran Rp70 miliar untuk menghadirkan lapangan berstandar internasional. Ini sejak 2022 lalu. Namun, anggaran itu tak pasti kemana. (Suryadi/B)

  • Bagikan