Danny Siapkan Perpisahan Fatmawati Rusdi di Perayaan HUT ke-416 Kota Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto telah menyiapkan agenda khusus untuk perpisahan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. 

Rencananya, agenda khusus itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke 416 tahun pada tanggal 1 November mendatang. 

"Kebetulan ibu Wawali secara dejure-nya (mundur) sebelum 4 November, jadi ibu Wawali juga sampaikan perpisahannya disitu (HUT Kota Makassar)," ucap Danny Pomanto, sapaan akrabnya. 

Danny Pomanto menyebut agenda tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Makassar atas kontribusi, dedikasi dan integritas Fatmawati Rusdi selama menjabat sebagai Wakil Wali Kota Makassar. 

"Iya (agenda khusus), ibu Wawali kan selama hampir 3 tahun bekerja sangat baik, tentunya banyak hal yang beliau buat," ucap Danny. 

Tak hanya itu, agenda tersebut juga sebagai ruang untuk Fatmwati Rusdi menyampaikan salam perpisahannya, sekaligus mengutarakan alasannya mengundurkan diri secara langsung kepada masyarakat Kota Makassar. 

"Memberi ruang kepada beliau untuk menyampaikan kondisi beliau yang harus meninggalkan Wakil Wali Kota Makassar. Apalagi, inikan sama-sama berjuang demi untuk rakyat," terang Danny. 

Sebelumnya, Danny Pomanto mengungkapkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-416 tahun akan dimajukan lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Di tahun ini, HUT Kota Makassar ke-416 akan diselenggarakan pada tanggal 1 November 2023, yang mana tahun-tahun sebelumnya peringatan HUT Kota Makassar digelar setiap tanggal 9 November.

Alasannya, kata Danny Pomanto sapaan akrabnya, karena peringatan HUT Kota Makassar ke-416 bertepatan dengan agenda politik, yakni penetapan Daftar Calon tetap (DCT) anggota legislatif dan Pendaftaran Capres dan Cawapres di Pemilu 2024 mendatang. 

Maka dari itu, Danny memutuskan untuk mempercepat peringatan HUT Kota Makassar ke-416 tahun agar tidak terjadi gesekan pada agenda politik di bulan November mendatang. 

"Kenapa tidak selamatkan rakyat, termasuk HUT kota. Jadi dimajukan ke tanggal 1 November sebelum hiruk pikuk masuk agenda politik," jelas Danny. 

Diketahui, Fatmawati Rusdi telah mengajukan pengunduran diri sebagai Wakil Wali Kota Makassar. Keputusan itu diambil menyusul rencananya untuk maju sebagai bakal calon anggota legislatif DPR RI. 

Surat pengunduran diri Fatmawati telah dilayangkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar pada 2 Oktober lalu. Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo langsung merespons surat tersebut dengan melayangkan surat balasan, sehari setelahnya atau 3 Oktober.

Fatmawati mengajukan pengunduran diri karena disiapkan untuk maju ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan Satu yang meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar. (Shasa/B)

  • Bagikan