Kemarau Panjang, BPBD Bulukumba Telah Distribusikan 558 Ribu Liter Air Bersih

  • Bagikan
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba mendistribusikan air bersih ke warga

BULUKUMNA, RAKYATSULSEL -  Sejak awal kemarau panjang hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba telah mendistribusikan sebanyak 558 ribu liter air bersih ke sejumlah warga yang mengalami kekurangan air bersih.

Warga penerima pasokan air bersih yang bermukim di empat kecamatan dan tersebar di 14 desa/kelurahan tersebut berjumlah 5.597 jiwa dalam 1.882 kepala keluarga.

Kepala BPBD Bulukumba, A. Akrim Amir, menyampaikan jika pihaknya konsen dalam penanganan distribusi air bersih di saat kemarau panjang akibat El Nino yang turut melanda Kabupaten Bulukumba saat ini.

"Petugas kami setiap hari on time melayani permintaan warga yang kekurangan air bersih," ujar Akrim.

Keempat kecamatan itu yakni Gantarang di Desa Bontonyeleng, Palambarae, dan Bukit Harapan, Kecamatan Ujung Bulu di Kelurahan Kasimpureng, Bentenge, dan Ela-Ela, Kecamatan Ujung Loe, di Desa Tamatto, Manjalling, Manyampa, Salemba, Seppang, Balleanging dan Kelurahan Dannuang, dan Kecamatan Kindang di Desa Sopa.

Sementara itu Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf saat memimpin apel gabungan kembali menekankan seluruh OPD lingkup Pemkab Bulukumba untuk melakukan upaya dalam membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita semua untuk membantu masyarakat dalam kondisi kemarau panjang akibat Elnino," ungkapnya.

Menurutnya, kemarau yang diprediksi baru akan berakhir Desember mendatang diharapkan bisa lebih meningkat kepekaan dan kewaspadaan terhadap bencana lainnya yakni kebakaran, baik rumah, lahan maupun kawasan hutan.

"Semua potensi bahaya harus diwaspadai dan dicegah semaksimal mungkin sehingga tidak berakibat kerugian yang lebih besar," ujar Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba. (Sal)

  • Bagikan