Dokter Spesialis Dermatologi Ini Beri Tips Hindari Kerusakan Kulit Saat Perubahan Cuaca Ekstrem

  • Bagikan
Dokter Spesialis Dermatologi (kulit), Venereologi dan Estetika, dr.Yusuf Ardian Sp.DVE

"Mandi air panas dapat mengurangi kelembapan kulit. Batasi waktu mandi dan gunakan air suhu normal. Jika diperlukan boleh menggunakan air hangat, bukan air panas," kata dokter yang akrab disapa dr Yu ini.

Ketiga Rutin Berolahraga. Olahraga yang rutin juga memberi dampak positif bagi kesehatan kulit. Rutin berkeringat disebut bisa membantu menunda penuaan pada kulit.

"Olahraga yang teratur seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, berlari atau latihan beban dapat memberikan suplai aliran darah dan oksigen yang cukup ke kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat," kata dokter yang bertugas di RSUD 1 Lagaligo Luwu Timur.

Keempat, pilih pakaian yang menyerap keringat. Gantilah pakaian yang basah akibat keringat dengan yang kering. Hal ini bertujuan agar kulit terhindar dari iritasi. Sebaiknya pilih pakaian yang menyerap keringat.

"Jika Anda berkeringat lebih banyak karena perubahan suhu, ganti pakaian yang basah dengan yang kering untuk mencegah iritasi," tutup dr Yu.

Serta kelima, jaga kelembapan kulit

 Dimana jagalah kelembapan kulit menggunakan pelembap yang cocok, bahkan pada musim yang kering.

"Udara yang kering dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda setiap hari, terutama setelah mandi dan sebelum tidur," katanya.

Dokter pemenang Indonesia Top Brand Skincare Award Winner 2022 sebagai owner dr Yu skincare ini juga menyarankan agar memilih produk yang tepat.

"Pertimbangkan untuk menggunakan pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti vaseline, asam hialuronat atau ceramide," ucapnya.

  • Bagikan