Bimtek Pemutahiran Data SDGs Desa

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Luwu Utara, Akram

MASAMBA, RAKYATSULSEL - Badan Kerjasama Antara Desa (BKAD) Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Pemutahiran Data Sustainable Development Goals (SDGs) Desa 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Warkop Dg Azis Masamba, diikuti 30 peserta , berlangsung, 30 - 31 Oktober 2023 dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Luwu Utara, Akram, Senin (30/10). 

Akram mengatakan setidaknya ada tiga komponen yang menunjang keberhasilan sebuah program diantaranya, komunikasi, kolaboratif dan tekhnologi. 

"Data termasuk tekhnologi yang sangat menentukan dalam penentuan pengembangan dan pembangunan," kata mantan Kadis PK Kota Palopo ini. 

Masih dia,  agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan atau SDGs adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

 SDGs diberlakukan dengan prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. 

"SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Kesempatan itu pula memuji banyaknya peserta perempuan yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Perempuan itu dapat mengerjakan dua pekerjaan sekaligus secara bersamaan," paparnya. 

Terkait di tahun politik pihaknya menghimbau peserta agar perbedaan pilihan  tidak menjadi perpecahan dalam hubungan kekerabatan. 

"Lihat pelangi, indah karena berbagai macam warnanya," tutupnya. (Abdul Aziz) 

  • Bagikan