Anies-Ganjar Adu Ide

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Makassar mengundang calon presiden hadir dalam acara sarasehan dengan tema Reposisi Praktik Demokrasi Pancasila dan Ekonomi Menuju Indonesia yang Berkeadilan. Dari tiga capres, hanya dua yang menyatakan kepastian untuk hadir yakni Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Momentum ini dipastikan akan dimanfaatkan bagi Anies dan Ganjar untuk menawarkan ide-ide besarnya dalam membangun bangsa. Sebelumnya, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo juga adu gagasan pada acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) se-Indonesia, dua pekan lalu, sebelum resmi ditetapkan sebagai calon presiden.

Ketua Ikatan Alumni UNM, Nurdin Halid mengatakan, Anies dan Ganjar telah memastikan untuk hadir. Adapun Prabowo Subianto tidak bisa hadir dengan alasan ada agenda lain yang juga tidak dapat dihindari.

"Ada acara dengan waktu yang bersamaan dan tidak bisa digeser. Terjadwal lebih dahulu dari acara sarasehan ini," ujar Nurdin, Jumat (17/11/2023).

Menurut Nurdin, dalam sarasehan tersebut Anies dan Ganjar tidak akan membicarakan visi misi mereka sebagai calon presiden. Namun, kata dia, kedua capres tersebut akan diadu untuk memaparkan sikap, ide, dan pikiran mereka terhadap kondisi kebangsaan.

Nurdin mengatakan, kedua capres tersebut akan diminta untuk membahas dua perspektif yakni reposisi praktik demokrasi Pancasila dengan kondisi saat ini dan reposisi Pancasila dengan kondisi ekonomi.

"Kami ingin mendengar, apa strategi capres menyikapi kedua isu tersebut," imbuh Nurdin.

Dia mengatakan, hasil dari sarasehan nasional tersebut nantinya akan dibuatkan rumusan untuk dilakukan uji petik oleh ilmuwan, pakar, dan kalangan akademikus. Bentuknya bisa dalam diskusi kelompok terpumpun dan seminar.

"Dari hasil itu nanti, ke depan akan diserahkan kepada calon presiden yang terpilih. Jadi kami tidak sekadar menghadirkan capres, tapi juga punya sesuatu yang akan ditawarkan kepada mereka setelah resmi menjadi presiden," imbuh Nurdin.

Adapun Rektor Universitas Negeri Makassar, Profesor Husain Syam mengatakan, IKA UNM telah menangkap momentum politik untuk memberi pemikiran kepada calon presiden. Menurut dia, tidak mudah untuk mendatangkan calon presiden di sela-sela waktu mereka yang padat.

"Di sinilah IKA UNM sangat jeli melihat momentum yang ada untuk berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara," ujar Husain.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan, Syamsu Rizal alias Deng Ical mengatakan saat ini belum ada jadwal konsolidasi Anies saat kunjungan ke Makassar. "Belum ada (agenda tambahan Anies). Dia hadir di acara IKA UNM," kata Deng Ical.

Deng Ical mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan partai pengusung lain untuk rencana penyambutan Anies.
Ketua Relawan Milenial Anies Baswedan (Mileanies) Sulsel, Asri Tadda mengatakan mempersiapkan kegiatan untuk Anies sebelum menghadiri dialog IKA UNM.

"Akan ada workshop gerakan rakyat untuk perubahan meski masih bersifat tentatif," kata Asri.

Asri mengatakan, workshop tersebut merupakan bagian pembekalan untuk relawan yang akan bekerja memenangkan pasangan Anies-Muhaimin di Sulsel. Kegiatan itu akan dihadiri oleh relawan dari empat daerah yakni Maros, Gowa, Takalar dan Kota Makassar.

"Mirip pembasisan sampai tingkat TPS," ujar Asri.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa menyodorkan Deng Ical untuk menjadi masuk sebagai anggota tim pemenangan Anies-Muhaimin di Sulsel. Pengurus PKB Sulsel, Irwan Hamid, mengatakan nama Daeng Ical karena kegiatan-kegiatan partai pengusung pasangan AMIN lebih banyak berlangsung di Makassar.

"Kami di PKB tetap bekerja untuk AMIN, jadi semua caleg saat melakukan sosialisasi juga tidak lupa memperkenalkan pasangan AMIN untuk membawa perubahan di negara ini," ujar Irwan.

Adapun, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Andi Ansyari Mangkona mengatakan Ganjar sudah dipastikan akan melakukan kunjungan ke Makassar. "Tapi kami tidak terlibat di acara IKA UNM," kata dia.

Menurut Ansyari, setelah menghadiri kegiatan di UNM, sepekan kemudian, Ganjar bersama Mahfud Md, dijadwalkan menghadiri jalan sehat perjuangan yang akan berlangsung pada Minggu (26/11/2023) Jalan Jenderal Sudirman dan finis di Lapangan Karebosi.

"Tanggal 26 nanti (Ahad) baru kami bergerak dengan melakukan jalan sehat yang akan dihadiri oleh tim pemenangan dan partai pengusung," kata Ansyari.

Ansyari belum memastikan jumlah massa yang akan hadir dalam acara tersebut. "Kami pastikan ini akan ramai. Apalagi banyak hadiah yang akan disiapkan dan peserta tidak dibatasi," beber dia.

Ansyari mengatakan, dari tiga calon presiden hanya Ganjar-Mahfud yang memiliki kesiapan memimpin Indonesia karena pasangan nomor urut dua ini telah memiliki pengalaman.

"Pengalamannya tidak bisa diragukan. Ganjar dua periode di DPR dan gubernur dua periode. Orangnya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Jadi kami anggap pasangan ini sangat ideal," imbuh Ansyari.

Direktur Profetik Institute Muhammad Asratillah mengatakan suara Sulsel adalah suara terbesar keenam di Indonesia dari seluruh provinsi yang ada.

"Dengan jumlah pemilih sekitar 6 juta lebih, menunjukkan dari jumlah pemilih Sulsel akan menjadi salah satu sasaran tembak para capres untuk menang," kata Asratillah.

Selain itu Sulsel adalah daerah penghubung kawasan Indonesia Timur. Artinya, sambung Asratillah, informasi di Sulsel tentu akan teramplifikasi ke kota-kota besar lain di Indonesia Timur.

"Kejadian di Kota Makassar akan berpengaruh pada persepsi masyarakat di kawasan Indonesia Timur," ujar dia.

Hal lain yang membuat Sulsel menjadi penting dalam kontestasi pilpres, karena isu percepatan pembangunan Indonesia Timur tetap menjadi isu penting.

"Keadilan ekonomi dan sosial di Indonesia tercermin pada maji tidaknya pembangunan di Indonesia Timur," kata dia.

Adapun, Sekretaris Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin mengharapkan partai pengusung dan pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang tergabung dalam dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sevisi dan bersinergi memenangkan pasangan nomor urut dua ini.

"Tentunya harus bersinergi di pilpres tanpa beririsan dengan kepentingan pileg dengan menyatukan visi memenangkan Prabowo-Gibran," ujar Darmawangsyah.

Ketua Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) mengaku sudah berkomunikasi dengan Rosan Roeslani selaku Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran terkait Tim Kampanye Daerah (TKD) di Sulsel.

"Semua masih seperti itu, kami masih menunggu keputusan TKN. Tim nasional masih dalam tahap pembahasan TKD semua provinsi. Jadi bukan hanya Sulsel saja tapi seluruh Indonesia," kata Andi Iwan.

Terkait nama yang dikirim ke TKN dari Sulsel, AIA menyatakan semua partai di KIM disarankan untuk mengirimkan nama kandidat ke TKN. "Kami kemarin hanya memediasi mereka dalam acara silaturahmi agar parpol koalisi mengajukan calonnya. Kalau kami yang fasilitasi kesannya nanti ada agenda-agenda lain, sehingga kita ingin usulan mereka betul usulan sesuai hati nurani masing-masing," jelasnya.

Khusus Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras yang diusulkan. Sementara dari kalangan eksternal ada nama Andi Sudirman Sulaiman.

"Sejak awal kami sudah sampaikan bahwa tidak menutup dari luar partai. Tokoh-tokoh Sulsel yang dianggap mumpuni dan kapabel saya kira tidak masalah diajukan sebagai ketua TKD. Prinsipnya kami di Sulsel hanya rekomendasi, yang menentukan tim kampanye nasional," imbuh dia. (Fahrullah/B)

  • Bagikan