Jadi Tuan Rumah Percontohan Gerakan Gemar Menanam Pisang, Pj Gubernur Sulsel Puji Unibos Makassar

  • Bagikan
Penanaman perdana Pisang Cavendish di Kebun Pendidikan Fakultas Pertanian Unibos, yang berlokasi di Pallangga Gowa, Sabtu (9/12/2023)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Bosowa Makassar, menjadi tuan rumah percontohan gerakan gemar menanam Pisang (GGMP) lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX bersama untuk PTS lingkup SultanBatara.

Kegiatann ini, bagian langkah kolaborasi Perguruan Tinggi di Sulsel, mendukung program Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin terkait budidaya Pisang Cavendish.

Prosesi penanaman perdana Pisang Cavendish di Kebun Pendidikan Fakultas Pertanian Unibos, yang berlokasi di Pallangga Gowa, Sabtu (9/12/2023). Dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Bahruddin dan pimpinan PTS serta pimpinan lembaga Penbankan.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengawali sambutan dengam memuji kampus Unibos yang menjadi percontohan menyiapkan lahan untuk budidaya pisang. Menurutnya, langkah strategi kolaborasi dan saling mendukung antara Pemerinta dan Perguruan Tinggi.

"Terima kasih kepada Unibos menyiapkan lahan dan mendukung program budidaya pisang, ini luar biasa. Karena Pisang ini merupakan tanaman bisnis. Mengandung nilai perekonomian," kata Bahtiar.

Ia kemudian menegaskan, program yang ia canangkan tidak berjalan sukses tanpa dukungan seluruh pihak diantaranya perguruan tinggi.

"Karena perguruan tinggi memiliki SDM. Program kami, selain pisang cavendish, juga akan membudidayakan tanaman lainnya seperti nangka dan sukun," tuturnya.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini menjelaskan, ia menargetkan budidaya pisang direncanakan di atas lahan 500 hektare hingga 1 juta hektare.

  • Bagikan