Pendaftaran PTPS di Bantaeng Capai 140 Orang di Hari Pertama

  • Bagikan
Sekretariat Bawaslu Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng membuka rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Bantaeng Nur Wahni mengungkapkan sebanyak 596 PTPS yang akan diterima Bawaslu untuk mengawasi pemungutan suara di TPS. "Satu TPS satu PTPS-nya, jadi kalau TPS 596 berarti yang mau dipilih juga 596 orang," kata dia.

Nur wahni juga mengungkapkan di hari pertama pendaftaran PTPS yang dilakukan di masing-masing sekretariat Panwascam yang sudah memasukkan berkas sebanyak 140 orang.

"Kecamatan Bantaeng 22 orang, Bissappu 52 orang, Sinoa 21 orang, Gantarangkeke 8 orang, Pa'jukukang 22 orang Tompobulu 10 orang, Ulu ere 2 orang dan Eremerasa 3 orang pendaftar. Perhari Selasa," kata dia.

Selain dari persyaratan berkas wajib lainya, Nur wahni juga menekankan PTPS memiliki keahlian menggunakan android untuk menggunakan aplikasi Siwaslu.

"Sebenarnya memiliki keahlian menggunakan android. Karena nanti juga dia akan upload langsung di TPS kedalam aplikasi, namanya aplikasi siwaslu," kata dia.

Diketahui aplikasi Siwaslu adalah platform yang digunakan Bawaslu untuk melakukan pengawasan pemungutan suara secara online. Dia juga mengatakan, pendaftaran PTPS dilakukan selama lima hari dari tanggal 2 - 6 Januari 2024. Kemudian pengumuman perpanjangan pada 7 Januari.

"Pengumuman perpanjangan 7 Januari, perpanjangan pendaftaran kalau misalnya pendaftaran kurang," kata dia.

Kemudian untuk pengumuman lulus administrasi pada 10 Januari, penetapan calon terpilih hasil tes wawancara 18-19 Januari dan pelantikan tanggal 22 Januari 2024. (Jet)

  • Bagikan