Tim Kaukus Masjid 99 Kubah Serahkan Hasil Donasi ke Pemprov Sulsel

  • Bagikan
Bendahara Tim Kaukus Masjid 99 Kubah, Sakka Pati saat menyerahkan lebih dari Rp350 juta hasil donasi kepada pengurus Masjid 99 Kubah.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dr. Sakka Pati, bendahara Tim Kaukus 99 Kubah, secara resmi menyerahkan lebih dari Rp350 juta hasil donasi yang terkumpul selama ini kepada pengurus Masjid 99 Kubah di Center Point of Indonesia (CPI) Jl Metro Tanjung Bunga Makassar, juga kepada perwakilan Pemprov Sulsel.

Bukti transfer dari Rekening BSI oleh Tim Kaukus diserahkan langsung oleh Sakka Pati, bendahara, kepada Ketua Pengurus Harian Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Iqbal Nadjamuddin, yang juga menjabat sebagai Kepala Disdik Sulsel, di Caffe Kopizone, Jl. Boulevar Makassar, pada Jumat (26/1/2024).

"Kami, Tim Kaukus Masjid 99 Kubah, yang sebelumnya menginisiasi gerakan donasi sebesar Rp100 ribu untuk pembangunan Masjid 99 Kubah pada tahun 2020, akhirnya menyerahkan hasil donasi kepada pengurus masjid dari Pemprov Sulsel pada Jumat (26/1/2024)," ujar Sakka Pati.

Dosen Fakultas Hukum Unhas tersebut menyampaikan bahwa hasil donasi yang terkumpul dari nomor rekeningnya mencapai Rp350.700.000 dan telah diserahkan kepada pengurus masjid melalui transfer ke rekening resmi masjid.

"Penyerahan ini disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Nadjamuddin, selaku penanggung jawab pembangunan masjid 99 Kubah, dan juga dihadiri oleh perwakilan dari Bank BSI," jelasnya.

Sakka menceritakan bahwa gerakan donasi sebesar Rp100 ribu untuk pembangunan masjid kubah pertama kali dimulai pada 22 Mei 2020, yang diinisiasi oleh sejumlah akademisi di Makassar yang ingin mendukung pembangunan ikon Makassar dan Sulsel.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban moral terhadap dana hasil donasi yang disimpan dalam rekening pribadinya, Sakka menyerahkan dana tersebut kepada pengurus masjid melalui rekening resmi masjid Bank BSI.

"Gerakan ini tidak lagi menjadi sorotan karena, Alhamdulillah, pembangunan masjid telah kembali dilanjutkan dan selesai pada akhir tahun lalu," tutur Sakka Pati.

Sakka melanjutkan, kendala administratif pemindahbukuan yang harus melibatkan rekening resmi masjid, terutama saat proses pembangunan masih di bawah pengawasan pemprov, membuatnya menghubungi Iqbal selaku ketua pengelola masjid di akhir tahun. Setelah mendapatkan persetujuan, Sakka meminta pengelola masjid untuk membuka rekening BSI dan melakukan pemindahan dana.

Sejak donasi dibuka melalui nomor rekening pribadinya, Sakka menyatakan bahwa ia tidak pernah menyentuh atau menarik dana tersebut.

"Selama ini dana tersebut tersimpan dan tidak pernah saya sentuh. Alhamdulillah, setelah selesai, semoga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masjid," ungkapnya.

"Iklan penipuan, karena (donasi) sudah kami tutup. Jika ingin berdonasi, silakan langsung transfer ke rekening 7261774447 BSI atas nama Masjid Kubah 99 Asmaul Husna," tambahnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan yang juga Ketua Harian Masjid 99 Kubah, Iqbal Najamuddin, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas gerakan yang dilakukan oleh Sakka Pati dan kawan-kawan. Atas gerakan moral ini, pembangunan masjid 99 Kubah akhirnya dilanjutkan dan saat ini sudah dinikmati oleh warga.

"Kami bangga dan bersyukur atas inisiatif teman-teman kaukus yang telah mengumpulkan dana ini untuk masjid 99 Kubah. Insya Allah, ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan amaliah Ramadan ke depan," katanya. (Yadi/A)

  • Bagikan