Pj Bupati Takalar Lantik Pengurus DPC Organda Takalar Periode 2023-2024

  • Bagikan
Pj. Bupati Takalar, Setiawan Aswad saat melantik Pengurus DPC Organda Kabupaten Takalar, periode tahun 2023-2024, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Jumat (26/1/2024).

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Takalar, periode tahun 2023-2024, yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Jumat (26/1/2024).

Sebanyak 20 pengurus Organda Kabupaten Takalar diresmikan oleh Pj. Bupati Takalar, yang turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Takalar, perwakilan Polres Takalar, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Kabupaten Takalar. Muh. Alwi SH. M.M. terpilih sebagai Ketua, sementara Muh. Asmin SH. menjabat sebagai Sekretaris Organda Takalar untuk periode 2023-2024.

Setelah melantik, Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya menyampaikan bahwa persoalan transportasi memiliki relevansi yang sangat kuat dengan ekonomi di Takalar, termasuk transportasi angkutan darat. Aktivitas ekonomi yang tinggi pasti didukung oleh perkembangan transportasi angkutan darat yang maju. Daya saing suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh kondisi dan situasi transportasi daratnya.

"Ada tiga persoalan yang harus diperhatikan dalam transportasi darat, yaitu mobilitas, konektivitas, dan integrasi. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu menyediakan akses kepada penduduk agar mereka dapat melaksanakan aktivitas dengan baik, serta dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Konektivitas terkait dengan infrastruktur yang dapat menghubungkan antara satu jalan dengan jalan lainnya," jelas Dr. Setiawan.

Pj. Bupati Takalar juga menekankan bahwa sedang disusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Takalar untuk 20 tahun ke depan, salah satu fokusnya adalah kebutuhan sarana dan prasarana transportasi. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan dan dinas terkait diminta untuk berkolaborasi, memetakan situasi, kondisi, permasalahan, serta kebutuhan sarana dan prasarana transportasi untuk 20 tahun mendatang.

"Semoga beberapa permasalahan yang saat ini dihadapi oleh bidang angkutan umum dapat teratasi, dan angkutan umum di Kabupaten Takalar dapat mencapai tingkat kemajuan yang lebih baik," tutup Dr. Setiawan.

Sementara itu, Zaenal Abidin, Wakil Ketua DPD Organda Provinsi Sulawesi Selatan, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Takalar atas pelantikan ini.

"Kepada pengurus yang terpilih, kami harapkan agar terus meningkatkan silaturahmi, koordinasi, dan kolaborasi dengan semua instansi terkait dalam hal transportasi di Kabupaten Takalar," ungkapnya.

Zaenal Abidin juga menambahkan bahwa jumlah angkutan AKDP yang melintas dari Jeneponto, Takalar, Gowa ke Makassar, dan kendaraan Takalar yang beroperasi hingga Jalan Bulusaraung Makassar, mencapai kurang lebih 400.

Oleh karena itu, dengan kepengurusan yang baru ini diharapkan adanya koordinasi segera dengan Dinas Perhubungan Takalar untuk mengatur jalur angkutan. Artinya, di mana pun angkutan beroperasi, wajib membayar retribusi angkutan. (Tiro)

  • Bagikan