Genjot Partisipasi Pemilih di Sulsel, Pemprov Bersama KPU Gelar Deklarasi Putih Abu-Abu

  • Bagikan
Suasana Deklarasi Pemilu Damai Putih Abu-abu, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Meskipun masih seragam putih abu-abu, siswa SMA yang telah masuk daftar pemilih tentu memiliki peran penting dalam puncak Pesta Demokrasi pada 14 Februari mendatang.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 bertema Putih Abu-abu se-Sulawesi Selatan. Perwakilan siswa SMA sederajat se-Sulsel turut hadir sebagai peserta di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (29/1/2024).

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini jumlah pemilih pemula cukup signifikan. Menurutnya, diperkirakan jumlah pemilih pemula mencapai 100 ribu orang, dan hal tersebut dapat mempengaruhi partisipasi pemilih pada puncak Pemilu nanti.

"Hari ini kita laksanakan kegiatan deklarasi pemilu damai. Sekitar seratus ribu siswa/siswi yang menjadi pemilih pemula. Jumlah pemilih pemula yang cukup besar di Sulsel dapat memengaruhi partisipasi pemilih pada tahun 2024," ujarnya, Senin (29/1/2024).

Bahtiar menjelaskan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Sulsel mencapai 6.670.582, dengan rincian laki-laki sebanyak 3.244.626 dan perempuan 3.425.956. Partisipasi pemilih di Sulsel pada tahun 2019 mencapai 78,1 persen, dan tahun ini ditargetkan meningkat hingga 80 persen.

Penjabat Gubernur Bahtiar berharap partisipasi pemilih di Sulsel dapat meningkat, dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka pada hari pemilihan nanti.

  • Bagikan