Inovasi D’Lor Hantar Danny Pomanto Jadi The Indonesian Next Leader

  • Bagikan
Asisten III Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan wakili Danny Pomanto terima penghargaan The Indonesia Next Leader, pada inspiring leaders and launching e book The Indonesian Next Leader, di Gedung Media Indonesia, Kamis (1/2).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Inovasi Dewan Lorong atau D'Lor dan Lorong Wisata menghantarkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjadi salah satu The Indonesian Next Leader. 

Penghargaan ini terbagi dalam empat klaster yakni pemimpin daerah, akademisi, kelembagaan dan kementerian serta pengusaha. 

Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar berhasil mendapat apresiasi sebagai The Indonesia Next Leader bersama 17 pemimpin lainnya. 

The Indonesia Next Leader merupakan penghargaan yang diberikan oleh Media Indonesia Grup yakni salah satu media raksasa yang baru saja memasuki usia 54 tahun, 19 Januari 2024 lalu.

Penghargaan ini pun dikemas dalam bentuk e book yang didalammya terdapat rekam jejak atau prestasi yang dapat menjadi inspirasi dari para The Indonesian Next Leader untuk masyarakat. 

Mewakili Danny Pomanto, Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Asisten III Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan. 

Ia mengatakan inovasi sebagai kunci untuk mewujudkan visi misi Kota Makassar sebagai kota yang menuju resiliensi dan Sombere and Smart City.

Irwan mengaku di tahun 2023, sebanyak 169 inovasi hadir yang telah dibuat oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) linglup Pemkot Makassar. Sebab, OPD diwajibkan membuat dua inovasi perbidangnya. 

"73 Inovasi bahkan tembus ke Kemenpan RB. Ini yang menjadikan Kota Makassar bisa bersaing dan diundang hingga di forum internasional,” ungkapnya di hadapan seluruh peserta inspiring leaders and launching e book The Indonesian Next Leader, di gedung Media Indonesia, Kamis (1/2).

Sementara, inisiator The Indonesian Next Leader, Arief Thamrin mengatakan ide ini berawal dari tahun politik yang sebentar lagi akan terjadi pergantian presiden dan akan ada 3 ribu jabatan publik yang akan terganti. 

Karena itu, pihaknya meneliti beberapa sosok berpengaruh dari beberapa klaster yang memiliki kapabilitas serta kompetensi dalam bentuk inovasi yang berdampak bagi masyarakat luas.

Metode penilaian dilakukan selama satu bulan setengah dengan memonitoring langsung kinerja-kinerja serta inovasi yang telah dicetuskan oleh para The Indonesian Next Leader. 

Tujuan dan manfaat dari hadirnya e book The Indonesian Next Leader ini sebagai cermin kepada masyarakat bagaimana kiat-kiat para pemimpin dalam mengambil kebijakan serta dapat memberikan inspirasi sosok segar calon pemimpin Indonesia di masa depan.

Arief menjelaskan dari 50 calon The Indonesian Next Leader hanya terpilih 18 pemimpin Indonesia di masa depan. Salah satunya Danny Pomanto. 

“Untuk pemimpin Kota Makassar sendiri kami memilihnya karena banyak inovasi yang terbukti berdampak kepada masyarakat salah satunya dengan program lorong wisata yang melahirkan ribuan D’lor atau dewan lorong,” ujar Arief.

Ia menilai Danny sebagai sosok yang ulet dengan berlatar belakang arsitek mampu membangun Kota Makassar dari tempat terkecil yakni lorong. 

“Lorong itu kami lihat bisa menekan inflasi di Kota Makassar ini suatu keberhasilan dengan memanfaatkan warga di dalam lorong itu sendiri,” tutup Arief. 

Selain Wali Kota Makassar, penghargaan ini juga diterima oleh Bupati Pasaman Sumbar, Sabar AS, Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, dan Bakal Calon Bupati Malang, Dwi Indrotito Cahyono.

Untuk Klaster Kelembagaan, ada Laksamana TNI (Purn), H. Yudo Margono, Kepala SKK Migas, Dr. Ir. Dwi, Kepala Bapanas, Arief Prasetyo, Kepala BP2MI, Benny Ramdhani, Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong.

Klaster Pengusaha, Ketua DPP REI, Joko Suranto, Ketua Apindo, Shinta, Dirut PT Martina, Bryan David Emil Tilaar, Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Intan Abdams. (Shasa/B)

  • Bagikan