9 Ide Minuman Lezat Berbahan Dasar Cokelat yang Mudah Disiapkan

  • Bagikan
Ilustrasi: Minuman Cokelat

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Cokelat banyak disukai orang, biasanya dinikmati sebagai olahan minuman panas maupun dingin untuk membasahi dahaga.

Cokelat sendiri punya beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk jantung, meningkatkan daya pikir dan insulin, mengurangi resiko kanker dan stroke, perbaiki mood, serta menghambat penuaan.

Dikutip JawaPos.com dari Allwomenstalk, Jumat (2/2), ada 9 resep mudah membuat minuman cokelat panas dan dingin yang bisa dibuat di rumah, apa saja?

1. Hot cocoa

Minuman panas ini dinilai bisa menenangkan pikiran, memberikan energi tambahan, membantu fokus hingga tingkatkan suasana hati.

Bahan: 1/4 cangkir susu almond tanpa pemanis, 1 cangkir air, 1 sdt cokelat bubuk, 1/2 sdt bubuk maca, kayu manis, dan stevia.

Petunjuk: rebus air di atas kompor, tambahkan susu almond, stevia, cokelat bubuk, dan bubuk maca ke dalam cangkir. Saat air mendidih, tuang ke dalam cangkir dan aduk perlahan agar semuanya tercampur. Pastikan minumannya tidak menggumpal, jangan lupa taburi kayu manis.

2. Chocolate coconut protein shake

Minuman protein cokelat dengan campuran rasa kelapa bisa jadi pilihan sehat untuk bantu pulihkan stamina setelah berolahraga.

Bahan: 1/4 cangkir susu kelapa, 1 cangkir air dingin, 1 sdm bubuk protein cokelat, stevia dan kayu manis (opsional).

Petunjuk: haluskan semua bahan ke dalam blender hingga creamy dan siap disajikan.

3. Frozen hot chocolate

Minuman ini cukup populer dan kerap ditemukan di New York City, meski rasanya tidak persis dengan aslinya, tapi masih layak dicoba.

Bahan: 6 ons cokelat batangan, 2 sdt cokelat bubuk, 1 1/2 sdm pemanis kesukaan, 1 1/2 cangkir susu, 3 cangkir es, dan sirup cokelat atau krim kocok (opsional)

Petunjuk: potong coklat menjadi potongan kecil. Letakkan di atas panci ganda di atas air mendidih. Aduk sesekali hingga meleleh. Tambahkan cokelat bubuk dan pemanis.

Kembali aduk hingga benar-benar meleleh. Angkat dari api dan perlahan tambahkan 1/2 cangkir susu, dinginkan. Selanjutnya, ke dalam blender, masukkan campuran tadi dengan es. Tuang ke dalam gelas dan taburi dengan krim kocok atau sirup cokelat.

4. Iced mocha smoothie

Perpaduan mocha dengan cokelat menjadi pilihan terbaik bagi para pecinta kopi.

Bahan: 1 1/2 cangkir susu, 1 bungkus bubuk mocha instan, 1 sdt bubuk cokelat, 1 sdm bubuk protein cokelat, 1 sdt pemanis, dan 1 cangkir es.

Petunjuk: tambahkan semuanya ke blender dan haluskan dengan kecepatan tinggi, sajikan saat kental dan dingin.

5. Slow cooker snowflake cocoa

Cokelat putih cocok dijadikan minuman lembut dan manis, meski tinggi gula dan lemak jenuh, tak boleh terlalu sering mengonsumsinya.

Bahan: 2 cangkir krim kocok, 5 cangkir susu, 1 sdt ekstrak vanilla, 2 keping cokelat putih, dan sirup cokelat (opsional).

Petunjuk: aduk krim kocok, susu, vanila, dan keping coklat putih dalam slow cooker. Tutup dan masak dengan api kecil selama 2 hingga 2,5 jam, lalu aduk sesekali hingga adonan panas dan keping cokelat meleleh. Aduk lagi sebelum disajikan, bisa hiasi dengan krim kocok dan sirup cokelat.

6. Zucchini chocolate banana smoothie

Banyak orang memakai zucchini untuk dipanggang dengan kue cokelat karena teksturnya creamy dan tak berasa sama sekali, dengan tambahan pisang yang mempermanisnya.

Bahan: 1 cangkir zucchini cincang, 1 sdm selai kacang, 1/2 pisang beku, 2 sdm cokelat bubuk, 1 sdm bubuk protein, stevia, ekstrak vanilla, 1/4 cangkir strawberry beku (opsional).

Petunjuk: tambahkan semua bahan ke dalam blender hingga kental dan lembut.

7. Raspberry chocolate yogurt smoothie

Minuman ini memberikan sentuhan menyegarkan, tipsnya bekukan yogurt satu jam sebelum menggunakannya. Nanti, saat dimasukkan ke blender bersama bahan lain nanti hasilnya seperti es krim.

Bahan: 1 cangkir susu almond tanpa pemanis, 2 daun mint segar, 2 cangkir raspberry beku, 6 ons plain yogurt, 2 sdm bubuk cokelat, pemanis, dan keping cokelat (opsional).

Petunjuk: bekukan yogurt selama satu jam agar kental seperti es krim. Jika sudah, masukkan ke dalam blender bersama raspberry, mint, pemanis, dan cokelat. Terakhir, tambahkan susu almond dan haluskan.

8. Date chocolate shake

Dapatkan rasa yang luar biasa dari kurma yang menjadi pemanis alami dan kaya akan vitamin B, serat, potasium berikan energi tambahan untuk tubuh.

Bahan: 2 kurma, 1 sdt kayu manis, 2 sdm bubuk cokelat, 6 ons plain yogurt, 1 cangkir susu almond tanpa pemanis, 1 sdt keping cokelat, 2 tetes stevia cair, dan 1 cangkir es.

Petunjuk: tambahkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan pakai kecepatan tinggi.

9. Chai spiced hot chocolate

Minuman chai mengandung kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga, dan pal aini merupakan rempah-rempah sehat cocok ditambahkan dengan cokelat.

Bahan: 1 kantong chai tea, 1/2 cangkir air, 1/2 cangkir susu, 2 sdm pemanis pilihan.

Petunjuk: tambahkan air dan susu ke dalam panci dan didihkan. Masukkan cokelat bubuk dan pemanis hingga larut. Tambahkan kantong chai tea ke dalam cangkir dan tuangkan campuran susu ke atas kantong.

Biarkan terendam selama 2 menit penuh sebelum disajikan dan tekan kantong teh dengan sendok ke dalam cangkir untuk mengeluarkan sebagian rasa. (jp/raksul)

  • Bagikan