Cuaca Ekstrem Kembali Landa Kota Makassar, Danny Instruksikan Seluruh OPD hingga Lurah Siaga Banjir

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (Dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kota Makassar kembali dilanda cuaca ekstrem yakni hujan dengan curah hujan yang lebat dan disertai angin kencang melanda sejak pagi hari, pada Senin (5/2). 

Karena kondisi tersebut, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto  menginstrukksikan untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota Makassar serta camat dan kelurahan untuk siap siaga banjir, hari ini, Rabu (5/2). 

Pasalnya, berdasarkan informasi yang diterimanya, diprediksi Kota Makassar akan terjadi banjir mulai pukul 14.00 Wita. 

"Siaga banjir mulai jam 14.00 wita, semua dipersiapkan," ucap Danny Pomanto, sapaan akrabnya, Senin (5/1). 

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Wilayah Sulawesi Selatan tanggal 5 Februari 2024 Pukul 07:30 hingga 10:00 Wita masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Makassar. 

Dengan wilayah terdampak seperti di Kecamatan Mariso, Mamajang, Makasar, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Tallo, Ujung Tanah, Panakukkang, Tamalate, Biringkanaya, Manggala, Rappocini, Tamalanrea, dan sekitarnya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin menyatakan kesiapan pihaknya menghadapi banjir yang diprediksikan melanda Kota Makassar siang hari ini. 

"Siap Pak Wali," tegas Hendra Hakamuddin. 

Sebelumnya, Hendra menuturkan dalam menghadapi cuaca buruk yang terjadi di Kota Makassar, pihaknya menyiapkan tim sebanyak 122 personil. 

Tak hanya personil, peralatan pun turun disiagakan seperti, perahu karet 12 unit dengan delapan unit mesin motor perahu karet berbagai kapasitas, genset, tandon, water purifier tujuh unit terdiri dari 5 unit dengan kapasitas kecil dan dua unit kapasitas besar dengan total keseluruhan kapasitas mencapai dua ribu liter per hari. (Shasa/B)

  • Bagikan