Manipulasi Mesin Diesel Masih Menjadi Pembicaraan, Toyota Indonesia Buka Suara

  • Bagikan
ilustrasi

RAKYATSULSEL - Isu terkait manipulasi mesin diesel yang disampaikan Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang pada akhir Januari 2024 kemarin menjadi sorotan para konsumen otomotif secara global, termasuk Indonesia.

Namun terkait hal ini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia buka suara bahwa setiap produk yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia dinyatakan aman.

Anton Jimmi Suwandy yang menjabat Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor sempat mengungkapkan saat media Gathering Toyota 2024 beberapa waktu lalu (2/2), bahwa ini terkait dengan TICO.

Sebagai informasi bahwa TICO merupakan perusahaan berbeda dengan Toyota motor corporation.

"Yang disebutkan di beberapa media itu salah menyebutkan kalau hal tersebut termasuk dalam TMC. Bukan, TICO adalah suplayer dari Toyota. Jadi Toyota meng-outsorching beberapa development dan persiapan termasuk soal persiapan homogolasi, safety termasuk soal mesin diesel ini,” ujar Anton Jimmi.

Anton menegaskan kalau melihat sertifikasi, homologasi, safety, kualitas, sebenarnya tidak ada masalah. Di Indonesia berani dipastikan tidak ada masalah sama sekali.

"Konsumen tidak perlu khawatir, produksi di TMMIN tetap berjalan, termasuk penjualan, delivery tetap berjalan. Bila ada yang ngomong dihentikan itu tidak benar. Karena memang tidak ada hubungan dengan TICO tadi,” kata Anton.

  • Bagikan